Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 18 Juni 2018 | 20:19 WIB

Ingin Kurangi Berat Badan Sambil Tidur, Coba 7 Hal Ini

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Rintan Puspitasari
Foto :
  • Pexel
Ilustrasi sakit.

VIVA – Umumnya orang sadar betapa penting melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kondisi dan bentuk tubuh. Namun beberapa di antaranya juga memilih untuk tidur dan melewatkan olahraga.

Bagi mereka yang cukup malas melakukan olahraga, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan meski sambil tidur. Dilansir Bright Side, ini caranya. 

Baca Juga

Minum protein shake sebelum tidur

Minum 30 gram protein shake sebelum tidur menurut penelitian membuktikan bisa membantu meningkatkan jumlah kalori tubuh yang dibakar saat istirahat. Protein juga membantu memperbaiki otot dan memperbanyak massa otot. 

Terpopuler

Makan dalam jumlah sedikit

Hindari makan dalam jumlah besar sebelum tidur. Selama tidur, otak mengeluarkan hormon pertumbuhan. Jika makan larut malam, hormon pertumbuhan justru menyimpan makanan tersebut dalam sistem sebagai lemak bukan sebagai energi.

Tentukan waktu tidur

Tidur yang cukup membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. American Jurnal of Clinical Nutrition mengungkap, bahwa orang yang tidur dengan baik, berhasil membakar 20 persen kalori setelah makan dibanding mereka yang kurang tidur atau tidur tak nyenyak. 

Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga membangunkan tubuh, membuat tubuh semakin sulit untuk tidur. Jadwalkan waktu olahraga di pagi hari. Tapi tidak disarankan melakukan olahraga pagi hari jika malam sebelumnya hanya tidur kurang dari empat jam. 

Turunkan suhu

Tidur dalam kondisi dingin membantu meningkatkan efektivitas penyimpanan BAT (brown adipose tissues) yang membantu pembakaran lemak yang disimpan di perut. Menurut jurnal medis, Diabetes, orang yang tidur dalam suhu sekitar 18 derajat celsius membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang tidur dalam kamar yang hangat.

Tidur dalam gelap

Tidur dalam kondisi gelap seluruhnya membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin yang tidak hanya membantu tidur lebih nyenyak, tapi juga membantu produksi pembakaran kalori. 

Tidur telanjang

Dengan membuat tubuh tetap dingin, bisa mempercepat proses pembakaran lemak. Memiliki tubuh dalam kondisi dingin saat tidur meningkatkan lemak baik dalam tubuh yang bisa membantu pembakaran kalori. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
BEST MOMENT: Cuplikan Momen Emosional Indonesia Masters 2020
SPORT - 8 jam lalu