Dokter Diminta Hindari Kata 'Kanker' Jika Risikonya Rendah

Studi menunjukan orang yang diberitahu mereka menderita kanker cenderung akan memilih melakukan operasi agresif.
Sumber :
  • abc

Kalangan dokter menolak desakan untuk menyingkirkan label "kanker" dari diagnosa berisiko rendah setelah peneliti Australia menyerukan pemikiran radikal tentang bagaimana pasien diberitahu tentang penyakit mereka.

Penelitian yang diterbitkan di British Journal of Medicine, menemukan kata "kanker" telah menjadi sangat terkait dengan risiko kematian yang tinggi. Orang-orang yang diberitahu mereka memiliki kanker cenderung memilih operasi yang bersikap agresif, bahkan jika kanker itu tidak mungkin menyebabkan bahaya.

Peneliti dari University of Sydney, Brooke Nickel mengatakan, beberapa diagnosa kanker telah menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

"Selama beberapa dekade terakhir pemahaman kita tentang kanker telah berubah," kata Brooke Nickel.

"Begitu kami menemukan kanker, sungguh sulit untuk tidak melakukan apa-apa, dan itu telah tertanam dalam pesan ke publik selama beberapa dekade tentang apa itu kanker.

"Tapi kita sekarang tahu bahwa beberapa jenis kanker tidak tumbuh atau tumbuh sangat lambat sehingga tidak akan menyebabkan kerusakan pada seseorang jika tidak terdeteksi atau tidak diobati."

Kandidat PHD mengatakan analisis dari kajian ini menunjukkan sudah waktunya untuk mengindahkan panggilan dari badan-badan internasional lain dan para ahli untuk berhenti menggunakan kata kanker dalam situasi yang berisiko rendah.

"Pada dasarnya, berhenti memberi tahu orang-orang mereka yang memiliki kondisi berisiko rendah bahwa mereka menderita kanker jika mereka sangat tidak mungkin dirugikan oleh kondisinya itu," katanya.

"Ketika Anda memberi tahu seseorang diagnosis yang identik, hanya menggunakan kata "kanker" saja secara signifikan akan meningkatkan tingkat kecemasan mereka dan preferensi mereka terhadap perawatan yang lebih agresif."

Diagnosis kanker "mengerikan"

(Michael Shirley didiagnosa kanker prostat dan diberitahu kalau tanpa melakukan operasi dia akan mati dalam 3 tahun)

Michael Shirley, 79 tahun, didiagnosa menderita kanker prostat 11 tahun yang lalu dan diberitahu dia harus menjalani prostatektomi atau prosedur mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat pada minggu berikutnya atau dia akan mati dalam tiga tahun.

Bertolak belakang dengan saran ahli urologinya, Michael Shirley memutuskan untuk membatalkan operasi invasif itu setelah menerima pendapat kedua. Namun keputusan itu tidak mudah.

"Ini adalah pengalaman yang mengerikan - saya tidak pernah mendengar kata kanker diterapkan pada kondisi saya, karena itu diagnosis tersebut membuat saya tidak bisa berpikir," kata Shirley, dari Elizabeth Bay, NSW.

"Saya pikir saya cukup cerdas, tetapi kata kanker itu sangat luar biasa, dan membuat saya ingin segera meninggalkan ruang praktek dokter.”

"Saya sangat lega saya punya keberanian dan keraguan untuk memikirkan kembali kondisi saya dan memiliki pemikiran yang lebih rinci tentang anjuran prostatektomi itu.

Michael Shirley mengatakan, mengetahui dirinya menderita kanker adalah pengalaman yang melumpuhkan.

"Efek psikologisnya benar-benar melumpuhkan, dan Anda butuh waktu lama khawatir telah membuat keputusan yang tepat," katanya.

"[Tapi] ketika saya tidak mati dalam waktu tiga tahun, anda mulai sedikit lebih percaya diri dengan keputusan yang kamu buat."

Pasien berhak tahu

Royal Australian College of General Practitioners (RACGP) telah memperingatkan agar para praktisi tidak menghapus kata "kanker" dari diagnosa.

"Jika seorang pasien memiliki kanker tingkat rendah maka saya pikir mereka harus diberit ahu kondisinya itu, tetapi perlu diberi tahu dalam konteks," kata presiden terpilih RACGP Harry Nespolon.

Dr Nespolon setuju ada beban psikologis pada pasien ketika mendengar diagnosis kanker tetapi mengatakan bahwa banyak kecemasan dapat diatasi dengan saran dokter yang tepat.

"Tidak menyebut mereka kanker membawa kita kembali ke hari-hari di mana kita tidak memberitahu pasien apa masalah mereka karena kerabat mereka tidak ingin menakut-nakuti mereka, dan untungnya hari-hari itu telah berlalu."

"Pasien berhak tahu apa diagnosis mereka - kami sudah jauh dari pandangan kedokteran paternalistik ini di mana dokter memberi tahu Anda hal-hal dan Anda hanya mempercayai mereka."

Penelitian ini meneliti penelitian seputar efek psikologis dari memberi tahu pasien bahwa mereka mengidap kanker dan dampak penghapusan label kanker dari diagnosa dengan risiko rendah.

"Studi terbaru di kalangan pasien pria dengan kanker prostat lokal telah menemukan bahwa tekanan emosional diagnosis dapat memotivasi mereka untuk memilih perawatan yang lebih agresif," kata laporan itu.

"Yang penting, hampir seperempat pria yang awalnya memilih untuk mengelola kanker prostat mereka dengan pengawasan aktif memilih operasi atau terapi radiasi dalam lima tahun untuk alasan non-biologis."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.