Manfaat ASI Selain untuk Sumber Makanan Bayi

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA – Hampir semua orang sudah tahu beragam manfaat nutrisi dari ASI dalam perkembangan kesehatan bayi. Sejak dahulu, ASI sudah menjadi makanan yang direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi oleh bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama. Nutrisi di dalamnya dapat melawan infeksi, menurunkan risiko penyakit pernapasan, dan menguatkan sistem imun bayi.

Namun, apa Mums tahu kalau ASI memiliki manfaat selain menjadi bahan makanan untuk si Kecil? Pada dasarnya, memang banyak mitos yang melebih-lebihkan manfaat ASI. Kendati demikian, bahan antibakteri yang ada di dalamnya sudah terbukti dan diakui oleh para ahli.

Tidak heran jika ASI bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan ringan. Apa saja ya manfaat alternatif dari ASI? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Parents!

1. Meredakan nyeri di puting

ASI adalah salah satu obat yang paling praktis untuk mengobati nyeri atau lecet pada puting. Ibu menyusui biasanya mengalami masalah ini, terutama jika gigi bayi sudah mulai tumbuh. Sering kali puting pun jadi berdarah. Hal ini dapat meningkatkan risiko masuknya bakteri. Untuk mencegahnya, Mums bisa menggunakan ASI. Setelah menyusui, oleskan ASI di area puting yang nyeri, lecet, atau berdarah. Kemudian, biarkan hingga kering.