Bercak Putih di Rongga Mulut? Waspada Infeksi Jamur

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Jika Anda mendapati ada bercak putih di dalam mulut, biasanya di pipi bagian dalam atau di lidah, awalnya mungkin Kamu berpikir sariawan. Padahal bisa saja penyebabnya adalah jamur. Dilansir dari WebMD, infeksi jamur pada rongga mulut paling sering disebabkan jamur kandida. Tidak hanya di mulut, infeksi yang biasa disebut kandidiasis ini juga bisa menyerang berbagai bagian tubuh lainnya, antara lain di vagina.

Pada anak bayi, infeksi jamur ini bentuknya berupa ruam popok. Sementara itu, pada wanita bentuknya berupa infeksi jamur vagina. Jadi, siapapun bisa terkena infeksi jamur. Namun, umumnya infeksi ini menyerang bayi, anak-anak, orang berusia lanjut, dan orang yang punya sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Apa Penyebab Infeksi Jamur di Mulut?

Sebenarnya, jamur kandidia hidup di berbagai beberapa bagian tubuh, seperti di dalam rongga mulut, saluran pencernaan, dan kulit. Namun, jumlahnya sedikit dan terkontrol oleh bakteri baik yang dimiliki tubuh kita. Tapi terkadang, saat kondisi kekebalan tubuh turun karena  penyakit atau penggunaan obat seperti kortikosteroid atau antibiotik, bisa merusak keseimbangan jumlah jamur tersebut. Hal tersebut bisa menyebabkan jamurnya tumbuh di luar kontrol. Kondisi itulah yang menyebabkan infeksi jamur.

BACA SELENGKAPNYA