Waspada Limfoma yang Diawali Benjolan Tidak Biasa

Ilustrasi leher.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Bulan September, tepatnya setiap tanggal 15, diperingati sebagai Hari Peduli Limfoma Sedunia atau World Lymphoma Awareness Day (WLAD). Hari Peduli Limfoma Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004, tetapi di Indonesia sendiri baru mulai diperingati sejak tahun 2005.

Tujuan peringatan WLAD adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap limfoma, yang merupakan salah satu jenis kanker darah. Dengan mengetahui gejala penyakit sejak dini, diharapkan limfoma dapat ditangani lebih awal.

Dikutip dari data GLOBOCAN, sekitar 1 juta orang di dunia menderita limfoma dan sekitar 1.000 orang didiagnosis limfoma setiap harinya. Angka kematiannya pun cukup tinggi akibat lambatnya dideteksi, sehingga penanganannya sudah pada stadium lanjut. Lebih parah lagi karena pasien masih ada yang memilih pengobatan melalui jalur alternatif, herbal, atau dukun.

Nah, agar Kamu paham gejala limfoma serta bagaimana mencegah dan mengobatinya, ikuti penjelasan tentang limfoma berikut, dikutip dari pusdatin.kemkes.go.id dan berbagai sumber lain.

BACA SELENGKAPNYA