Biar Enggak Kelonggaran, Ini Tips Pilih Kondom yang Pas

Kondom
Sumber :
  • Pixabay/ Bru-nO

VIVA – Menemukan kondom yang pas dengan ukuran penis ternyata tak semudah membeli dan memilih rasanya. Sama seperti pakaian, kondom ternyata tak selalu memiliki ukuran yang sama, karena itu penting untuk mendapatkan ukuran yang pas.

"Jika menggunakan kondom yang terlalu kecil, tidak hanya akan membuat merasa dibatasi, tapi juga akan timbul rasa seolah akan membuatnya sobek. Tapi jika terlalu besar, itu bisa terlepas atau terasa sangat tak nyaman untuk keduanya," kata Lisa Finn, pendidik seks dan ahli seks di Babeland. Ada banyak pilihan di luar sana, jangan bingung untuk mencari tahu mana yang pas dengan tips seperti dilansir Greatist berikut:

Alat ukur

Jika tak yakin dengan ukuran apa yang akan digunakan, langkah pertama adalah mengukur penis saat ereksi dengan alat ukur. Ukurlah dengan tepat dari tulang kemaluan hingga ujung, juga ukur lingkar diameternya dengan membungkus menggunakan alat ukur meteran pakaian dan letakkan di bagian paling tebal. 

Ukuran kondom standar biasanya sekitar 17 sentimeter. Tapi lebar kondom juga penting, dan sebagian besar kondom punya lebar 4 hingga 5 sentimeter, kata ahli seks Antonia Hall. 

Cara ukur sederhana

Tak punya alat ukur meteran, ada cara lain untuk mengukur penis.Yaitu dengan membeli ukuran dan merek yang ada di pasaran dan mencobanya dengan melakukan masturbasi menggunakan kondom. 

Meski kondom tidak memiliki ukuran layaknya pakaian, ukuran satu dan lainnya bisa berbeda tergantung panjang penik, ketebalan dan ukuran kepala. 

Bahan berbeda dan gaya

Tak melulu dari karet, ada berbagai jenis bahan kondom yang digunakan. Bagi beberapa orang, bau karet terkadang juga mengganggu saat berhubungan seksual. Coba temukan kondom yang pas, mencoba beragam pilihan rasa. (ren)