Hati-hati, Kelebihan Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Vitamin C terbukti penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas, yang menyebabkan kulit kering, flek hitam, hingga kanker kulit. Namun, saat memberi tubuh asupan vitamin C, perlu untuk mempertimbangkan jumlah atau kadarnya.

Semakin sering terpapar radikal bebas, seperti asap dan polusi, semakin besar pula jumlah vitamin C yang diperlukan oleh tubuh.

"Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda, tergantung aktivitasnya. Kalau semakin banyak terpapar (radikal bebas), kebutuhan (vitamin C) semakin besar. Dan karena vitamin C ini larut dalam air, ketika selesai digunakan tubuh, sisanya akan keluar," kata dokter spesialis Kulit dan Kelamin, Dr. Dewi Hasanah, Sp.KK, saat ditemui dalam acara Wardah Hair and Skin Innovation, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu 7 Oktober 2018.

Meski diperlukan tubuh, konsumsi vitamin C berlebih juga tidak disarankan karena bisa berakibat buruk bagi tubuh, apalagi jika tidak diimbangi dengan cukup minum air putih.

"Kalau tidak  diimbangi minum cukup, proses pembuangan melalui saluran kencing, efeknya bisa batu ginjal," jelas dokter yang berpraktik di Essenskin Dermatovenereology itu.