Bahayanya Olahraga dengan Wajah Penuh Make-up

Ilustrasi lari.
Sumber :

VIVA – Mengabadikan momen saat berada di pusat kebugaran saat ini menjadi hobi sebagian kaum Hawa di Ibu Kota. Apalagi, tak jarang dari mereka tampil dengan wajah ber-make-up.

Namun berolahraga menggunakan make-up ternyata memberi dampak buruk pada kesehatan kulit. Hal tersebut diungkapkan make-up artist Gyanda Agtyani saat berbincang dengan VIVA di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, belum lama ini,

"Bahaya jika saat nge-gym Anda (wanita) masih menggunakan make-up. Sebab, saat olahraga, pori-pori kita jadi terbuka," kata Gyanda.

Ketika pori-pori terbuka, maka make-up, keringat dan kotoran yang menempel di wajah akan masuk ke pori-pori. Hal itu berpotensi menimbulkan masalah kulit.

"Sebelum olahraga, kita beraktivitas di luar ruangan, sudah ada debu, kotoran, minyak ditambah keringat, lalu semua masuk ke pori-pori, kebayang enggak sih membahayakan buat kulit," katanya menjelaskan.

Beberapa dampak buruk akibat kebiasaan ber-make-up saat olahraga, di antaranya munculnya jerawat atau iritasi kulit. Karena itu, saran dia, sebelum melakukan olahraga, bersihkan terlebih dahulu make-up yang menempel di wajah.

"Baiknya jangan menggunakan make-up, makanya sebelum olahraga, wajah kita harus dibersihkan terlebih dahulu agar tubuh sehat, wajah pun sehat dan segar." (mus)