Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 18 Oktober 2018 | 15:05 WIB

Bermimpi Punya Tubuh Langsing? Ini Rahasia Diet Sukses

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Isra Berlian
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi diet.

VIVA – Memiliki berat tubuh berlebih atau obesitas bukan hanya mengurangi kepercayaan diri seseorang saja. Obesitas sendiri merupakan akumulasi lemak berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan.

Data dari Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2007, 2010 dan 2013, diketahui bahwa pria penderita obesitas di Indonesia mengalami kenaikan dari 7,8 persen naik menjadi 19,7 persen, dan wanita dari 13,9 persen naik menjadi 32,9 persen. Dari data tersebut diketahui bahwa obesitas paling banyak menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

Baca Juga

Terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami obesitas. Di antaranya adalah faktor genetik atau keturunan, gaya hidup tidak sehat hingga kurangnya aktivitas fisik.

“Gaya hidup seperti apa sih yang mendukung obesitas? Salah satunya adalah pola makan yang tidak seimbang. Tinggi kalori karena pengolahan (makanan) yang dominan digoreng, tinggi karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung, tinggi kandungan garamnya, juga rendah serat,” kata dokter spesialis gizi Prodia, dr.Eva Kurniawati, M. Gizi, Sp. GK saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Dia melanjutkan, jika obesitas tidak diperhatikan, berbagai penyakit serius bisa dialami oleh penderita mulai dari diabetes tipe 2, darah tinggi, kolesterol tinggi, batu empedu, meningkatkan risiko batu empedu, stroke, perlemakan hati, kanker hingga serangan jantung.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jawaban Dokter Soal Kenapa Titi Wati Memiliki Berat 350 KG
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu
Terpopuler