3 Rahasia Panjang Umur, Awet Muda yang Murah dan Mudah

Ilustrasi wanita tertawa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Semakin hari, usia harapan hidup orang Indonesia semakin pendek. Menurut data dari Bank Dunia, usia harapan hidup orang Indonesia pada tahun 2016 berada di angka 69 tahun. Beragam faktor berpengaruh dalam usia harapan hidup orang Indonesia, beberapa di antaranya gaya hidup dan juga pola makan.

Dalam seminar Hospital Expo 2018, di Jakarta Convention Center, Penulis, Penyair dan juga seorang dokter, Dr Handrawan Nadaseul mengungkapkan, gaya hidup yang buruk itulah yang menyebabkan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker yang kini banyak diderita orang muda.

"Jadi ini seperti investasi apa yang dilakukan sekarang adalah investasi di masa tua, begitu pun dalam gaya hidup," kata Handrawan, Kamis 18 Oktober 2018.

Namun bukan berarti hal itu tidak bisa diubah. Dia menyebut ada berbagai cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan untuk memperpanjang usia harapan hidup, selain tentunya mengubah pola gaya hidup yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tips agar panjang umur dari Dr Handrawan Nadaseul.

Makanan

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa apa yang dimakan, maka itulah yang didapatkan. Jika selama masa muda lebih banyak mengonsumsi junk food, daging ayam dan steak secara berlebihan, ini tentunya akan menjadi salah satu faktor risiko terhadap sejumlah penyakit.

Handrawan sendiri menyarankan untuk meniru pola hidup warga Okinawa, Jepang yang rutin mengonsumsi buah-buah seperti ubi dan juga ikan.  Menurutnya, kandungan ubi memiliki zat yang mampu membuat seorang menjadi lebih awet muda.

Biasakan Jalan Kaki

Handrawan menyebutkan bahwa kurangnya budaya jalan kaki, terutama bagi masyarakat di Jakarta juga menjadi salah satu sebab orang Indonesia memiliki angka harapan hidup yang rendah. Oleh karenanya, selain menjaga pola makan yang sehat juga perlu diimbangi dengan rutin berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Menurutnya, dengan jalan kaki atau berolahraga, akan mampu menambah asupan oksigen di dalam darah. Dengan demikian, darah akan menjadi lebih sehat, dan terhindar dari sejumlah risiko penyakit.

Tertawa

Tidak dapat dipungkiri, bahwa stres juga berpengaruh terhadap kualitas hidup seseorang. Tanpa disadari lama-kelamaan stres akan merusak tubuh. Oleh karena itu cara terbaik untuk mengatasi stres salah satunya dengan tertawa terbahak-bahak. Saat tertawa tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuat seorang lebih bahagia.