Khasiat Garam Krosok, Resep Anti Pegal Linu Ala Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Garam merupakan salah satu komponen paling penting untuk mengolah masakan. Tanpa garam, olahan makanan tak akan terasa nikmat dan menggugah selera. Tak hanya untuk kebutuhan masak, garam juga digunakan sebagai terapi kesehatan.

Salah satu yang menggunakannya sebagai terapi kesehatan adalah Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Dalam sebuah video YouTube yang beredar viral, Menteri Susi membagikan resep terapi ‘anti-pegal’ dan ‘anti-lelah’  yaitu bongkahan garam krosok khas Madura. Dalam video tersebut Susi menyebut garam Krosok miliknya ia dapat dari petani garam di Madura. Bongkahan garam itu ia panaskan di microwave lalu ia bungkus dengan lembaran kain. Lalu langsung saja di letakkan di area-area yang terasa pegal. Hasilnya menurut Susi sangat membantu redakan pegal-pegal.

Jenis garam beragam, manfaatnya juga tak sama

Terdapat berbagai jenis garam seperti garam masak, garam pink Himalayan, garam Kosher, juga garam krosok (garam laut-sea salt) yang digunakan Menteri Susi. Meski begitu, tak semua jenis garam memiliki manfaat yang sama.

Dikutip dari laman Healthline, garam yang paling umum dikenal adalah jenis garam di dapur. Namun, jenis garam ini biasanya mengandung sodium klorida yang tinggi yakni sebesar 97 persen. Adapun kandungan iodium tambahan juga hadir di garam jenis ini.

Manfaat iodium sendiri cukup banyak pada kesehatan. Ia bisa mencegah hipotiroidisme serta cacat intelektual. Namun perlu dipastikan Anda mengonsumsinya dengan kadar yang tepat karena asupan yang berlebihan dapat memicu hipertensi.

Sementara itu, terdapat jenis garam laut dengan struktur yang lebih kasar dibandingkan jenis garam dapur. Meski memiliki kandungan yang mirip dengan garam dapur, jenis garam laut memiliki beragam sumber mineral seperti potasium, zat besi, hingga zink.

Dikutip dari laman AzerNews kandungan garam laut bisa memberi manfaat baik terhadap tubuh seperti meningkatkan kesehatan kulit, gigi, meringankan nyeri sendi, kram otot, hingga psoriasis. Lebih lanjut garam ini ampuh untuk eksfoliasi kulit, hidung dan pembersih mata serta menyeimbangkan elektrolit di tubuh.

Garam laut juga berperan terhadap kadar alkali untuk memicu detak jantung secara stabil dan membuat tubuh lebih nyaman serta memicu tidur lebih nyenyak. Bahkan ia mampu menurunkan berat badan dengan cara mencerna makanan dengan baik dan membantunya mencegah konstipasi mau pun bertambahnya berat badan.