Bolehkah Orang Dewasa dengan Kulit Sensitif Pakai Sabun Bayi?

Ilustrasi cuci muka.
Sumber :
  • Pexels/Leah Kelley

VIVA – Beberapa orang dewasa yang memiliki masalah kulit memilih menggunakan sabun bayi. Hal ini lantaran mereka percaya bahwa sabun bayi yang mild, tidak akan memperburuk kondisi kulit mereka.

Namun apakah boleh orang dewasa menggunakan sabun bayi? Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kullt dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, FINSDV, FAADV.

"Masyarakat tahu kalau produk bayi mild, sehingga kalau dia punya kelainan kulit apa pun, dia tidak ingin memperburuk keadaan, jadi dia mandi dengan sabun bayi," kata Srie saat ditemui di Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Namun struktur kulit orang dewasa berbeda dengan bayi. Kelenjar minyak pada kulit orang dewasa juga sudah berfungsi dengan baik. Ditambah dengan aktivitas fisik yang banyak, sehingga ketika menggunakan sabun bayi maka daya bersihnya tidak cukup.

"Produk itu dibuat sesuai untuk tujuan masing-masing," kata dia.

Jika orang dewasa memiliki masalah kulit sensitif, dibanding menggunakan sabun bayi, dia menyarankan untuk menghindari penggunaan sabun antiseptik. Sebab jika menggunakan sabun antiseptik, struktur lipid yang berada di bagian atas kulit akan terangkat dan membuat kondisi kulit semakin memburuk.

"Pakai sabun apa saja boleh, tapi jangan yang antiseptik. Bukan bilang sabun antiseptik percuma, tapi hanya dipakai pada kondisi tertentu yang memang ada infeksi. Kalau kulit infeksi pakai sabun antiseptik oke," tutur Srie. (ase)