4 Tips Jitu Atasi Stres pada Generasi Milenial

Ilustrasi pria bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/StartupStockPhotos

VIVA – Generasi milenial memiliki angka yang cukup mendominasi di Indonesia. Hal itu positif karena bisa meningkatkan produktivitas di masyarakat.

Tetapi, kalangan muda merupakan kaum yang rentan dengan berbagai kesibukan dan berujung pada kondisi stres. Beberapa studi menemukan bahwa banyak hal yang bisa memengaruhi tingkat stres kaum milenial, antara lain persaingan di tempat kerja, hubungan percintaan yang tidak stabil, serta gaya hidup yang kurang sehat.

Nah, beberapa tips ini bisa menjadi pencegah stres pada kaum milenial, dikutip dari laman The Health Site.

1. Perencanaan

Perencanaan selama 1 menit bisa berarti pada 10 menit yang bermanfaat. Perencanaan jadwal sangat berguna untuk mencegah stres. Pastikan Anda memiliki perencanaan yang tepat agar bisa fokus mengerjakan tugas yang ada.

Saat banyak tugas yang datang sudah menjadi respons alami tiap manusia untuk bersikap khawatir. Tetapi, untuk mencegahnya menjadi kecenderungan stres, bisa melakukannya dengan membuat daftar tugas yang ada dan mengerjakannya berdasarkan jadwal yang sudah disusun.

2. Dengarkan musik

Alunan musik diketahui mampu memberi efek positif untuk meredakan stres. Lirik dan alunan musik yang lambat serta tenang, bisa memberi kenyamanan di saraf-saraf tubuh saat banyak tugas datang.

Saat Anda merasa sedang di masa-masa terpuruk, musik yang sedikit menghentak dapat meningkatkan mood Anda. Apalagi, lirik-lirik lagu yang didengar bisa saja menjadi inspirasi untuk kembali semangat.

3. Cukup tidur dan istirahat

Begadang hingga larut malam seringkali menjadi kebiasaan kaum milenial saat ini. Tentu hal tersebut berdampak pada hal negatif, khususnya pada kesehatan mental. Bahkan, tak sedikit yang menderita insomnia setiap malamnya.

Untuk mempermudah waktu tidur, sebaiknya Anda berolahraga selama 45 menit sebelum tidur. Pastikan Anda memiliki durasi tidur yang cukup, yakni hingga 8 jam. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan meditasi selama 15 menit untuk memberi kenyamanan pada tubuh dan pikiran.

4. Makanan sehat

Banyak dari kaum muda saat ini jarang memperhatikan pemilihan makanannya. Padahal, makanan sehat sangat bermanfaat untuk kesejahteraan tubuh dan pikiran Anda. Coba beberapa makanan sehat, seperti buah pisang, alpukat, wortel dan yoghurt untuk memberi dampak sehat pada tubuh.