6 Alasan Kenapa Wanita Hobi Bilang 'Enggak Apa-apa', Padahal...

Ilustrasi pasangan bertengkar.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Wanita berasal dari planet Venus dan pria berasal dari Mars. Ungkapan itu digunakan untuk menggambarkan sifat wanita dan pria yang jauh berbeda. Seringkali para pria curhat kalau mereka gagal paham apa yang sebenarnya diinginkan wanita.

Salah satunya, ketika wanita justru mengatakan 'tidak apa-apa' sementara terlihat ada yang mengganggu pikiran mereka.

Makanya pria perlu tahu, enam alasan mengapa wanita melakukan hal yang membingungkan itu, dilansir dari laman GQ.

1. Pernah diberi label 'berlebihan'

Enggak masuk akal, lebay, bitchy. Kata-kata itu pernah dialamatkan kepada sebagian besar wanita karena telah menyerukan pendapat mereka. Contohnya, pasangan Anda sebenarnya tidak berlebihan kalau bertanya kenapa Anda menginap di rumah teman perempuan, tapi lupa memberitahunya. Wanita juga tidak lebay jika meminta pria mengalihkan perhatiannya dari smartphone saat sedang kencan.

Seringkali wanita dikatakan berlebihan, jadi kebanyakan dari mereka lebih pilih berpura-pura santai dan tidak memperlihatkan masalahnya. Wanita cenderung menyembunyikan kebutuhan emosionalnya untuk menghindari sebutan ‘tak masuk akal’. Itulah sebabnya, ketika wanita ditanya 'ada masalah apa?' mereka mungkin akan tetap tutup mulut agar tidak diberi label 'suka menuntut'.

2.Belum yakin apa yang sebenarnya dirasakan

Terkadang, wanita mengatakan 'tidak apa-apa' saat ia sedang berusaha menelaah perasaan dan permasalahannya. Wanita bisa dipenuhi oleh berbagai emosi dan lagi-lagi untuk menghindari label 'rewel' mereka perlu memastikan dahulu mereka menyampaikan uneg-uneg atau permasalahan dengan cara yang sehat.

Banyak wanita menganggap mereka cuma punya satu kesempatan untuk membahas permasalahan dalam hubungan dengan pasangan, lebih dari sekali maka akan di-cap cengeng.

Ada kalanya wanita juga bisa merasa bingung, apakah perasaan tidak nyaman ini karena mood yang jelek atau karena memang ada masalah.

3.Tidak mau buang energi

Salah satu tanda hubungan yang dewasa adalah menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Tapi Anda juga belajar kalau ada masalah yang bisa selesai dengan sendirinya. Jadi ketika seorang wanita berkata 'tidak apa-apa', dia mungkin berharap masalah akan terselesaikan sendiri. Biasanya untuk masalah yang cenderung sepele seperti tidak tepat waktu atau kebiasaan sehari-hari.

Karena masalah sepele, jadi wanita memilih untuk tidak membuang tenaga untuk membahasnya bersama pria. Memaksa wanita membuka mulut, hanya akan membuatnya kesal. Jadi sebaiknya biarkan saja untuk saat ini, tapi kalau ada hal yang bisa Anda lakukan untuk membantunya, maka lakukanlah. 

4.Sudah lelah dan menyerah

Bisa saja wanita sudah meminta pria melakukan suatu hal sampai berkali-kali, tapi tetap tidak dikerjakan. Pada satu waktu, hal ini membuat wanita frustasi dan membuang waktu. Jadi bisa saja wanita menyerah, melakukan hal yang diminta sendiri dan memilih tidak membahas lebih jauh.

5.Pasangannya pendengar yang buruk

Pria suka memecahkan masalah, hal itu menjadi salah satu kualitas di mata wanita. Tapi tak selamanya itu yang dibutuhkan wanita. Jika pria terlihat bosan saat pasangannya bercerita tentang masalahnya, atau pria terburu-buru memberikan saran, biasanya wanita akan menghindar untuk bercerita. Sebab, ada kalanya wanita hanya ingin didengarkan, bukan dicarikan solusi. Makanya, mereka akan menjawab 'baik-baik saja' saat ditanya.

6.Memang tidak apa-apa

Pria menunjukkan perhatian dan bertanya memang hal yang baik. Tapi kalau kemudian berkali-kali 'menuduh' ada maksud tersembunyi di balik perkataan 'baik-baik saja' dari wanita, juga bukan hal yang bijak.

Jadi jika pria ragu akan pernyataan pasangan, cukup tanyakan sekali lagi. Fokuskan perhatian Anda padanya saat bertanya dan tunjukkan bahwa Anda terbuka untuk berdiskusi. Jika wanita tetap menjawab 'tidak apa' maka sebenarnya ia memang baik-baik saja. (msf)