Waspada 5 Tanda Pasangan Suka Bohong

Ilustrasi pasangan bertengkar.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Hubungan dibangun atas dasar rasa saling percaya. Tanpa pondasi yang kuat yaitu kepercayaan, hubungan akan mudah runtuh. Mungkin tak ada yang memungkiri, dibohongi pasangan adalah salah satu hal yang paling dibenci. Bahkan tak jarang membuat frustrasi.

Dilansir Elite Daily ketika pasangan mulai tidak bisa dipercaya, Anda harus tahu tanda-tandanya. Jika ada lima tanda kebohongan Anda temukan, bisa jadi Anda telah dikhianati.

Berikut lima tanda, pasangan tak jujur perlu Anda waspadai:    

Cerita tidak klop

Menurut dating coach, Stef Safran, saat pasangan mengatakan ke mana mereka pergi tapi semua tanda justru menunjukkan bahwa mereka ada di tempat lainnya, itu mungkin hanya salah paham. Tapi jika terjadi berulang, perhatikan dengan baik karena ini tanda ketidakjujuran dan sebaiknya tanyakan langsung pada mereka.

Susah dihubungi

Safran mengatakan jika pasangan meminta untuk berhenti dicari kapan pun ingin dicari atau menjadi tidak bisa dihubungi tanpa alasan, ini bisa jadi tanda dia menyembunyikan sesuatu. Tapi sebelum menyimpulkan sesuatu sebaiknya bicarakan pada pasangan tentang komunikasi yang tidak lancar.

Hilang bahasa tubuh

Perubahan dalam bahasa tubuh pasangan atau pola lain dalam komunikasi nonverbal bisa jadi tanda mereka berbohong. Psikolog dan penulis Facebook Dating: from 1st Date to Soulmate, Dr. Paulette Sherman mengatakan, ada bahasa tubuh khusus yang bisa diketahui saat seseorang berbohong,"Hindari kontak mata, tubuh menjauh, menutup mulut. Mereka bertingkah aneh dan gugup."

Meski demikian perhatikan juga, tanda-tanda tersebut juga bisa sebagai tanda mereka lelah, stres, kurang tidur.

Tidak memberi jawaban langsung

Dr. Sherman mengatakan ketika seseorang memutarbalikkan jawaban, mengulang pertanyaan, samar dan membela diri atau menghindari diskusi, bisa jadi pasangan berbohong. Seseorang yang jujur biasanya akan memiliki jawaban yang jelas dan langsung. Jika tidak ada sesuatu yang disembunyikan, mereka tidak akan memutarbalikkan pembicaraan ataupun bertahan.

Ada bukti

Meski sudah ada beberapa tanda, Dr Sherman berkata satu-satunya cara untuk memastikan pasangan berbohong adalah untuk menangkap mereka atau memberikan bukti seperti nota yang menunjukkan keberadaan mereka.