4 Cara Usir Kegelisahan dalam Hubungan

Ilustrasi pasangan bertengkar.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Setiap orang pasti punya kegelisahan masing-masing. Tapi bagaimana jika itu sudah tidak normal dan mempengaruhi hubungan.

Rasa gelisah atau tidak aman merupakan emosi negatif yang bisa merusak diri sendiri, orang lain, bahkan bisa merusak hubungan dengan pasangan. Selain membuat kita mengatakan dan melakukan hal yang merusak, yang terpenting adalah, rasa gelisah atau tidak aman ini bisa mencuri kebahagiaan dengan membuat tipuan pikiran.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara untuk mengatur rasa gelisah dan mencegahnya merusak hubungan, seperti dilansir dari Your Tango.

1.Terima diri sendiri

Menerima diri sendiri bahwa memiliki rasa gelisah akan terasa tidak aman, bisa membawa banyak perubahan dalam perilaku. Menerima bahwa rasa tidak aman itu membuat lebih siaga ketika ada faktor pemicunya, di mana akibatnya akan mengurangi kejadian yang canggung atau tidak diinginkan. Menerima juga memaksa diri untuk menahan diri sendiri baik perilaku ataupun tindakan.

2.Ingat lagi alasan kegelisahan

Menuliskan peristiwa ke belakang mungkin bisa membantu mengungkap proses berpikir kita. Ketika memiliki waktu dan energi, ingat lagi dan lihat di mana mulai ada yang salah dan ke mana kekuatan kita.

Emosi negatif ini mungkin secara tidak sadar menjadi tangisan untuk membantu mengatasinya. Jika mendengarkan itu dan mulai bekerja berdasarkan itu, mungkin akan memperkaya hidup. Dalam momen tersebut, bisa jadi ada momen bahwa telah menghakimi diri sendiri dengan tidak adil, yang menyebabkan kegelisahan itu timbul.

Jika sadar bahwa Anda telah mengecilkan pencapaian diri dan kualitas diri serta memuji orang lain, coba lihat diri sendiri dengan lebih positif.

3.Cari orang yang mendukung

Pendukung terbesar bisa siapapun yang melihat kekuatan Anda, ibu, teman baik, rekan kerja, atau kekasih. Mereka bisa mengingatkan betapa baiknya kualitas Anda ketika merasa jatuh dan gelisah.

Jangan takut untuk menghubungi mereka dan membagikan apa yang dirasakan. Mereka bahkan mungkin terkejut melihat Anda menganggap remeh diri anda sendiri. Keluarga dan teman memiliki pemahaman lebih baik tentang Anda sebagai pribadi dan akan membuat merasa spesial. Hal ini bisa membantu melewati emosi yang sulit dan membangun rasa percaya diri.

4.Kirim pikiran positif pada orang yang membuat tidak aman

Sulit memang tapi ini membebaskan diri. Ada sesuatu yang murni tentang menginginkan yang terbaik untuk orang lain yang akhirnya akan membantu diri sendiri.

Kita tidak bisa membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kita memiliki tujuan sendiri untuk diikuti. Untuk itu mulailah dengan berpikir positif. (rna)