Awas, Nyamuk DBD Justru Bersarang di Air Bersih

Penyemprotan (fogging) untuk memutus siklus hidup nyamuk Demam Berdarah Dengue
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Banyak yang mengira bahwa nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) atau aedes aegypti lebih senang bersarang di tempat kotor atau tak terawat. Namun, nyatanya nyamuk itu lebih senang berada di air bersih yang dibiarkan tergenang.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengungkapkan DBD adalah masalah lingkungan dan nyamuk DBD lebih sering berada di air bersih.

''Nyamuk DBD hidup di air bersih yang tergenang. Di sana nyamuk akan berkembang biak,'' kata Menkes Nila dalam siaran persnya. 

Letak genangan air bersih itu bisa ada di mana-mana, tidak hanya di luar rumah, di dalam rumah pun banyak. Terutama pada barang-barang pribadi seperti tempat penampungan air dispenser, bak mandi atau bak penampungan air, dan tempat minum burung.

Tempat genangan air itu menjadi sumber berkembang biak jentik nyamuk hingga menjadi nyamuk dewasa. Menkes mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di rumah masing-masing, mencari jentik-jentik nyamuk, serta meningkatkan pemberantasan sarang nyamuk.

Dalam hal ini perlu adanya jumantik di setiap rumah dan di lingkungan tempat tinggal, termasuk di sekolah.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM mengatakan kasus penyakit DBD terus meningkat. Secara nasional berdasarkan perkembangan informasi yang diterima olehnya hingga tanggal 3 Februari adalah sebanyak 16.692 kasus dengan 169 orang meninggal dunia. Kasus terbanyak ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, Kupang.

''Kejadian DBD semua tergantung dari daerah. Semua daerah bisa terkena, karena memang ini masalah lingkungan, karena genangan air, dan dipengaruhi curah hujan tinggi,'' kata Widyawati.

Widyawati menekankan perlunya 1 rumah 1 Jumantik untuk memberantas sarang nyamuk, karena 1 Jumantik bisa menyelamatkan satu keluarga. (ren)