Bayi Laki-laki Terkecil di Dunia, Seukuran Telapak Tangan Orang Dewasa

Bayi laki-laki saat beratnya sudah 3,2 kg
Sumber :
  • Keio University School of Medicine

VIVA – Seorang bayi laki-laki terkecil baru saja lahir ke dunia. Ia hanya memiliki berat sekitar 270 gram. Kabar bahagianya, dia kini baik-baik saja, tapi itu tidak mudah bagi si kecil.

Setelah 24 minggu penanganan dalam perawatan intensif, bobotnya tumbuh menjadi 3,5 kilogram (kg). Kondisinya yang makin sehat, membuatnya dibolehkan pulang.

Dikutip dari New York Post, bayi yang tidak disebutkan namanya itu lahir ke dunia setelah operasi menjalani C-section pada bulan Agustus tahun lalu di Universitas Keio di Tokyo, Jepang. Dia begitu kecil saat lahir, sehingga dilaporkan hanya seukuran telapak tangan orang dewasa.

Berat rata-rata bayi yang baru lahir, umumnya antara 2,5-4,5 kg. Bayi terkecil di dunia yang juga sempat tercatat adalah bayi perempuan yang lahir di Jerman pada 2015 lalu, dengan berat di bawah 255 gram.

Setelah dilakukan pemulihan pada bayi, dokter di Universitas Keio memberikan pesan. "Saya ingin orang-orang tahu bahwa bayi dapat kembali ke rumah dengan penuh semangat, meski mereka dilahirkan kecil," kata Dr. Takeshi Arimitsu. (tsy)