Daun Pepaya Bisa Atasi Demam Berdarah, Mitos Atau Fakta?

Ilustrasi daun pepaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA – Daun pepaya menjadi salah satu jenis sayuran yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Dari memperlancar produksi Air Susu Ibu (ASI), hingga membantu memperlancar saluran pencernaan. Selain berjuta manfaat yang ada di dalamnya, ternyata banyak juga mitos yang beredar dan dipercaya selama ini oleh masyarakat tentang daun pepaya. 

Dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 8 Maret 2019, Spesialis Farmakologi, dr. Tulus Satriasi Sp.FK, menjelaskan beberapa mitos tentang daun pepaya.

1. Mencegah kanker

Daun pepaya mengandung flavonoid, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, tapi belum dapat diketahui efeknya jika digunakan pada manusia. 

2. Tingkatkan nafsu makan

Mitos, memang benar kandungan vitamin dan mineral memenuhi kebutuhan seimbang, tapi tetap perlu mengatur pola makan seimbang, variasi menu serta rajin olahraga. 

3. Membantu proses penyembuhan demam berdarah

Hal ini juga anggapan yang salah. Pada penderita demam berdarah terjadi kebocoran pembuluh darah sehingga cairan dalam tubuh keluar, dan terapi utama adalah mengganti cairan yang hilang. Sementara hal tersebut tidak bisa diperoleh dari konsumsi daun pepaya. (ldp)