Ketika Yuki Kato Bicara Tentang Pencegahan Kanker Serviks

Yuki Kato.
Sumber :
  • Maria Margaretha Delviera/VIVA

VIVA – Baru saja menjalani vaksinasi virus HPV, penyebab kanker serviks, aktris Yuki Kato mengatakan jika upaya pencegahan penyakit tersebut memang sangat diwajibkan bagi seluruh wanita di Indonesia pada khususnya.

Ia mengatakan bahwa selain menghindari gaya hidup yang buruk, vaksin adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

"Pertama kali vaksin awalnya yang dirasain kayak digigit semut terus lemas gitu, terus kayak panas gitu. Tapi sebentar doang, habis itu biasa aja," ujarnya saat berada di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 13 Maret 2019.

Tak hanya berusaha menjaga kesehatan dengan melakukan vaksin, Yuki rupanya juga rajin berolahraga untuk menyeimbangi gaya hidupnya. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya juga sangat ia perhatikan.

"Aku pribadi lifestyle sehat aku imbangi olahraga dan aku sebisa mungkin (olahraga) kardio. Lari atau renang. Asupan makanan sih paling diperhatikan. Banyakin makan sayuran sama buah, tapi multivitamin enggak dilupain karena buat jaga imun juga. Sekarang kan virus banyak banget dan macam-macam,” kata dia.

Ia lantas mengatakan bahwa dirinya berharap agar generasi milenial mengikuti jejaknya untuk lebih memperhatikan penyakit-penyakit yang menyerang kaum wanita pada khususnya. Yuki juga berpesan agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatannya.

"Menurutku, buat anak-anak perempuan muda di luar sana lebih baik searching sesuatu yang positif di gadget kalian. Apa sih serviks, HPV dan sebagainya, agar lebih tahu dan menghargai diri sendiri,” ujarnya.