Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 April 2019 | 11:51 WIB

Kisah Pilu, Ketika Buah Hati Terlahir dengan Kelamin Ganda

Foto :
  • bbc
- BBC

Ketika dokter membubuhkan tanda tanya dalam kolom jenis kelamin di dokumen kelahiran anaknya, Catherine mengajukan gugatan ke pengadilan tinggi Kenya. Ini mengubah cara pandang negeri itu tentang anak-anak interseks, atau anak tanpa kelamin yang jelas.

Catherine (bukan nama sebenarnya) melahirkan anaknya tahun 2009 di sebuah rumah sederhana di Nairobi, Kenya.

Baca Juga

Saat anaknya berumur lima hari Catherine merasa ada yang salah di area genitalia. Berdasar rekomendasi sepupunya, ia pun membawa si bayi ke rumah sakit setempat.

Hari berikutnya Catherine dan suaminya pergi ke dokter yang segera merujuk mereka ke Rumah Sakit Nasional Kenyatta, rumah sakit terbesar di Kenya.

Diagnosa rumah sakit membuat pasangan itu terkejut. Si bayi dinyatakan sebagai terlahir dengan kondisi interseks. Ia memiliki alat kelamin laki-laki dan perempuan sekaligus. Di dokumen di kolom isian jenis kelamin, dokter membubuhkan tanda tanya.

"Sesudah kembali dari Kenyatta bersama laporan dokter, suamiku mulai menarik diri dariku," kata Catherine. Mereka mulai bertengkar.

Suaminya mulai menuduh Catherine, berkata bahwa tak ada di keluarganya yang punya riwayat demikian.

Lalu si suami menolak menghadiri konsultasi anaknya dengan dokter. Bagi Catherine, tampaknya ia akan ditinggalkan sendirian mengurus anaknya itu dan ia mulai ketakutan dengan kemungkinan itu.

"Saya merasa sendirian dan bingung. Satu hari saya membeli racun tikus, untuk membunuh diri saya dan si bayi. Saya campur racun itu ke makanan."


- BBC

Namun saat-saat terakhir ia mengurungkan niatnya dan lari ke gereja untuk bicara dengan pendeta. Si pendeta berkata Catherine tak sendirian dan anaknya bukan penyimpangan ataupun kutukan.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Reporter Terpeleset di Kolam Renang
TVONE NEWS - lewat 2 tahun lalu
Terpopuler