Rumah Sakit Ini, Separuh Pasiennya Turis Asing

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Terletak di salah satu daerah wisata paling populer di Bali, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara menjadi rumah sakit yang banyak dikunjungi turis asing. Bahkan 50 persen jumlah pasiennya adalah warga negara asing.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Bali Mandara dr. Sri Karyawati, DESS mengungkapkan bahwa pada 2018 tercatat 2.335 pasien dari 4.000 pasien di RSUD Bali Mandara adalah warga negara asing (WNA).

“Rata-rata dalam sehari, ada sekitar 20-50 pasien asing," ujar Sri saat temu media di RSUD Bali Mandara, Bali, Selasa 23 April 2019.

Umumnya para pasien asing yang datang ke rumah sakit ini mengalami keluhan, seperti kecelakaan saat traveling. Misalnya saat surfing, turis mabuk hingga kekerasan dalam rumah tangga. Namun, ada pula pasien asing yang memang sudah menderita penyakit dari tempat asalnya seperti geriatri, hipertensi atau stroke.

RSUD bertipe B dengan 198 tempat tidur dan 13 instalasi ini telah 1 tahun memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Terdapat 25 jenis pelayanan di rumah sakit ini, di antaranya kebidanan, interna, kulit kelamin, paru, geriatri, mata, THT hingga medical check-up.

Selain itu, saat ini RSUD Bali Mandara juga tengah dalam proses membangun layanan kanker. Direktur Utama RSUD Bali Mandara dr. Gede Bagus Darmayasa, M. Repro mengatakan, tak hanya menjadi tempat pengobatan kanker tapi juga deteksi dini kanker, sehingga penanganan menjadi lebih cepat.

Dia juga berharap layanan kanker ini bisa menjadi pusat layanan kanker untuk kawasan Indonesia timur.