5 Bahan Alami Cegah Virus HPV, Penyebab Kanker Serviks

Ilustrasi Pemeriksaan Kanker Serviks
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Human Papillomavirus atau HPV adalah virus yang bisa menyebabkan kanker serviks atau mulut rahim pada wanita. Sehingga vaksin HPV diklaim menjadi cara paling efektif untuk mencegah kanker tersebut.

Pemberian vaksin HPV sendiri diberikan pada anak perempuan sejak usia sekolah atau sebelum mereka aktif melakukan hubungan seksual karena penularan vaksin ini terjadi melalui kontak seksual. Selain pemberian vaksin, bahan-bahan alami juga bisa dikonsumsi untuk meredakan atau mencegah kehadiran virus tersebut.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dalam mencegah penyebaran HPV, dikutip dari laman The Health Site, Selasa, 30 April 2019.

1. Kunyit

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam ecancermedicalscience, curcumin di kunyit bekerja efektif dalam menurunkan kinerja virus HPV. Curcumin sudah terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh serta sudah terpercaya sebagai perawatan terapeutik kanker serviks.

2. Jamur shitake

Jamur jenis ini sudah terbukti mampu meminimalisir pertumbuhan HPV. Senyawa di dalam jamur shitake dikenal dengan nama active hexose mampu memperkuat respons imunitas tubuh secara alami. Ia bekerja dengan meningkatkan jumlah dan aktivitas sel pembunuh alami dan menyerang sel-sel abnormal menyebar.

3. Probiotik dan vitamin c

Keduanya bekerja dengan meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah timbulnya virus HPV. Yoghurt atau sayuran yang difermentasi dapat menjadi sumber probiotik. Sementara, buah-buahan sitrus, seperti jeruk dam stroberi dapat menjadi sumber vitamin c alami. Paprika juga bsa menjadi pilihan makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

4. Bawang putih

Dengan rasanya yang kuat dan khas, bawang putih selalu hadir dalam bumbu masakan. Namun, ia juga terbukti ampuh menjaga tubuh dari infeksi HPV yang menyerang.

5. Minyak esensial

Minyak esensial seperti tea tree oil dan thuja dikenal karena sifat antimikroba. Tea tree oil bisa digunakan sebagai salep yang dicampur dengan minyak kelapa dan minyak Thuja yang diekstrak dari pohon Thuja secara efektif bisa mengurangi gejala infeksi HPV dan menghilangkan kutil. (ldp)