Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 10 Mei 2019 | 12:00 WIB

Menangis Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Bimo Aria
Foto :
  • Pexels/Kat Jayne
Ilustrasi wanita menangis.

VIVA – Perasaan sedih atau terlalu senang seringkali membuat seseorang menangis. Tapi tahukah bahwa ternyata menangis juga mampu menurunkan berat badan?

Dilansir World of Buzz, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa menangis, terutama yang dengan semua perasaan dan emosi yang berat dapat membantu menurunkan berat badan. 

Baca Juga

Ini karena hormon-hormon dari tangisan emosional membantu meningkatkan level kortisol. Semua hal itu terjadi ketika seorang memiliki emosi yang terbendung. 

Menurut penelitian itu, air mata yang disebabkan oleh stres ditemukan memiliki kemampuan untuk menyingkirkan beberapa jenis zat beracun dari tubuh. Itulah sebabnya ahli biokimia William Frey sampai pada suatu kesimpulan bahwa menangis membantu menghilangkan zat-zat beracun yang cenderung menumpuk ketika manusia secara emosional tertekan.

Terpopuler

Selain itu, tidak seperti tubuh yang dapat terus menyimpan lebih banyak lemak, ketika mencucurkan air mata, semua hormon stres yang ditekan akan dilepaskan melalui proses ekskresi ini.

Meski demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa seorang hanya dapat menuai manfaat ini jika Anda menangis yang dipicu oleh emosi nyata. Sebagai informasi, air mata sendiri dibagi ke dalam tiga jenis.

Pertama ialah air mata basal, alias air mata fungsional dasar yang menjaga kelembapan mata, kedua air mata refleks, atau air mata iritasi, yang tanpa sengaja kita tumpahkan karena pemicu stres lingkungan seperti asap dan angin, dan yang ketiga air mata psikis atau air mata yang terkait dengan perasaan sejati dan emosi manusia.

Karenanya, hanya air mata psikis yang mengalir di wajah kita yang dikatakan memiliki efek menurunkan berat badan. Sementara itu, ada jangka waktu tertentu untuk memaksimalkan efek ini.  Para ilmuwan menyarankan untuk menangis kapan saja dari jam 7 malam sampai jam 10 malam.

Jadi, menangis bukan hanya baik untuk melepaskan semua perasaan terpendam demi kesehatan mental,  tetapi juga bagus untuk kesejahteraan fisik kita. (tsy)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bacakan Pledoi, Zumi Zola Menangis
TVONE NEWS - 12 bulan lalu