Dorce Divonis Derita Batu Empedu, Seperti Apa Gejalanya?

Dorce Gamalama
Sumber :
  • Aiz Budhi/VIVA

VIVA – Artis Senior Dorce Gamalama dikabarkan menderita sakit kronis. Artis serba bisa itu didiagnosis menderita batu ginjal dan diabetes. Saat dikonfirmasi oleh VIVA, Dorce mengatakan kondisi kesehatannya kini sudah lebih membaik.

Ia menjelaskan, bahwa sempat ada semacam pasir di empedunya. Namun, artis berusia 55 tahun ini mengatakan bawa ia sudah melakukan operasi dan kini dalam kondisi sehat. Lantas, mengapa Dorce mengatakan sempat ada pasir di empedunya?

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, keluhan yang sempat diungkapkan Dorce mirip dengan kondisi batu empedu. Batu empedu adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras yang bisa terbentuk di kantong empedu. Batu empedu memiliki ukuran mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf.

Masih belum jelas, apa penyebab dari munculnya batu empedu. Namun, dokter berpikir hal itu terjadi ketika empedu mengandung terlalu banyak kolesterol. Biasanya, empedu mengandung bahan kimia yang cukup untuk melarutkan kolesterol yang dikeluarkan oleh hati.

Tetapi jika hati mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada yang bisa dilarutkan oleh empedu, kelebihan kolesterol bisa terbentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu.

Batu empedu sendiri sering tidak menyebabkan tanda atau gejala. Namun, jika muncul nyeri yang tiba-tiba dan meningkat dengan cepat di bagian kanan atas perut, atau nyeri yang tiba-tiba dan semakin intensif di bagian tengah perut hingga rasa mual atau muntah waspada itu tanda batu empedu.

Beberapa orang hanya mengalami satu batu empedu, sementara yang lain mengembangkan banyak batu empedu secara bersamaan. Orang yang mengalami gejala dari batu empedu, mereka biasanya memerlukan operasi pengangkatan kandung empedu. Batu empedu yang tidak menyebabkan tanda dan gejala biasanya tidak memerlukan perawatan. (zho)