Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 16 Mei 2019 | 15:22 WIB

Manfaat Luar Biasa Pisang untuk Diet Hingga Turunkan Tekanan Darah

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay/stevepb
Buah pisang.

VIVA – Buah pisang memiliki beragam nutrisi. Mulai potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi lain. Banyaknya kandungan gizi ini, menjadikan pisang sebagai buah sehat dan murah. Kandungan baik ini dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga baik dikonsumsi oleh para pelaku diet.

Salah satunya, kandungan kalium di dalam buah pisang ternyata bermanfaat baik untuk kesehatan. Sumber kalium tersebut bisa memberi efek dilatasi pada pembuluh darah.

Baca Juga

"Pisang kaya akan kalium yang efeknya melakukan dilatasi atau pembesaran pembuluh darah. Proses tersebut memicu tubuh ikut menurunkan tekanan darah," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan Sp.GK, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 16 Mei 2019.

Kekayaan serat pada buah pisang juga sangat baik dalam melancarkan saluran pencernaan. Bagi yang berniat untuk menjaga tubuh tetap ideal, juga dapat mengonsumsi pisang karena memiliki kalori yang tinggi.

Terpopuler

"Pisang bisa digunakan untuk diet. Karena dalam satu buah pisang mengandung 50-75 gram kalori. Pisang juga mengandung tinggi energi yang baik untuk mengembalikan stamina tubuh," ungkapnya.

Untuk mendapatkan manfaat baik pada pisang, disarankan memilihnya dengan tingkat kematangan yang pas. Sebab, kandungan gula serta vitamin dan mineralnya akan lebih baik pada pisang yang belum terlalu matang.

"Makin matang pisang maka kandungan glukosanya makin tinggi. Pilih warna yang agak kehijauan agar masih segar dan memiliki kadar vitamin dan mineral yang mencukupi tubuh. Konsumsinya juga dibatasi hingga  tiga buah pisang dalam sehari," jelasnya. (tsy)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu