Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 16 Mei 2019 | 15:55 WIB

Hindari Asupan Ini untuk Cegah Maag Kambuh

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • VIVAlife
Ilustrasi sakit maag.

VIVA – Sakit maag adalah salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang umum dialami oleh banyak orang. Biasanya ditandai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan.

Stres disebut-sebut membawa dampak menjadi lebih negatif bagi pengidap sakit maag. Tak sedikit juga yang mengaitkannya dengan asupan makanan yang bersifat pedas.

Baca Juga

"Pada penderita maag, makanan pedas memang dapat memicu kondisi asam lambung. Sehingga akan kambuh dan bahkan memperberat penyakitnya," ujar spesialis penyakit dalam dr.Asep Saepul Rohmat, Sp.PD, KGEH, FINASSIM, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 16 Mei 2019.

Konsumsi makanan yang mengandung jeruk nipis juga disebut-sebut dapat memicu bahaya untuk lambung penderita maag. Pasalnya, jeruk nipis bersifat asam dan hal ini bisa membuat iritasi pada lambung.

Terpopuler

"Asam pada jeruk nipis itu adalah asam sitrat sehingga tidak berbahaya untuk lambung. Kalau asam pada lemon itu cukup berbahaya karena mengandung asam HCL," jelasnya.

Untuk tetap menjaga kondisi kesehatan lambung, para pengidap maag disarankan agar rutin mengonsumsi air putih hangat. Dengan begitu, gas dapat keluar dengan cepat atau asam lambung dapat ternetralisir dengan baik.

"Tak perlu teh hangat atau minuman hangat lainnya, cukup rutin konsumsi air putih hangat untuk menjaga kadar asam lambung. Selain itu, posisikan tubuh tetap tegak usai mengonsumsi sesuai agar udara lambung bisa dengan cepat keluar," paparnya. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu