Biji Buah Pala Ampuh Atasi Insomnia

Ilustrasi buah pala
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Buah pala adalah salah satu jenis rempah-rempah yang terkenal dan digunakan sebagai bahan tambahan masakan. Siapa sangka, biji buah pala ternyata dapat bermanfaat seperti mencegah insomnia.

Insomnia merupakan kondisi di mana tubuh kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. Ternyata, penelitian menemukan insomnia dapat diatasi dengan biji buah pala.

"Terdapat uji klinik pada manusia yang membuktikan bahwa ekstrak biji pala sebanyak 2 gram per hari selama 14 hari dapat tingkatkan waktu tidur sampai 0,8 jam," ujar spesialis Farmakologi Klinis dr. Lonah Sp.FK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 16 Mei 2019.

Penelitian yang dilakukan di India ini menemukan bahwa biji pala mengandung zat untuk merangsang hormon yang memicu rasa rileks. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah beristirahat dan terlelap dengan kondisi tersebut.

"Ada zat aktif dari ekstrak biji pala yang bisa stimulasi serotonin. Hormon tersebut membantu mood menjadi lebih baik sehingga seseorang bisa istirahat dan tidur dengan tenang," ujarnya.

Meski begitu, asupan biji pala yang berlebihan dapat memicu efek mematikan. Dokter Lonah menganjurkan pemakaian buah pala dalam bentuk rempah hanya sekitar 1-3 sendok.

"Lebih dari 5 gram, bisa timbul gejala keracunan. Bahkan bisa alami penurunan kesadaran sampai koma dan kematian," tuturnya. (ase)