Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 17 Mei 2019 | 14:23 WIB

Mau Diet Sukses? Konsumsi Biji Selasih

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Rintan Puspitasari
Foto :
  • aliimg.com
Biji selasih.

VIVA – Saat puasa, menjumpai biji selasih dalam beragam jenis minuman segar merupakan hal wajar. Meski berbentuk kecil, biji selasih cukup membuat setiap minuman terlihat jauh lebih menyegarkan. Jangan sepelekan bentuknya yang mungil dan cenderung tak berasa, biji selasih yang dihasilkan dari tanaman basil ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Salah satunya adalah membantu mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Menurut dr. Christopher Andrian Sp.GK, dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 17 Mei 2019, konsumsi biji selasih sebagai makanan sampingan dapat membantu program diet.

Baca Juga

"Dapat membantu orang diet, karena selasih tinggi serat, pektin dan glukomanan yang sangat tinggi, sehingga dapat dikonsumsi sebagai snack. Menggunakan selasih untuk snack time dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga menurunkan kalori pada orang yang ingin berdiet," ucap Christopher.

Selain bermanfaat untuk mereka yang ingin berdiet dan membantu memperlancar pencernaan karena tinggi kandungan serat, Christopher mengatakan bahwa konsumsi biji selasih juga membantu meredakan panas dalam karena kandungan omega-3 yang cukup tinggi.

Terpopuler

Dalam satu sendok makan biji selasih atau setara 15 gram, mengandung omega-3 bernama alpha-linolenic acid (ALA) yang berpotensi sangat baik untuk menurunkan radang atau inflamasi. “Kalau rutin dikonsumsi bisa menurunkan panas dalam," imbuhnya.

Sementara bagi penderita diabetes, kolesterol atau pun mereka yang berisiko sakit jantung, konsumsi biji selasih, yang diketahui mengandung serat tinggi, juga baik untuk membantu gula darah dalam darah stabil.

"Mengandung tinggi serat. Jika dikonsumsi teratur meningkatkan asupan serat harian dan gula darah dalam darah stabil, karena peran serat. Sehingga baik bagi penderita kencing manis. Juga mengandung omega-3 dan antioksidan yang menurunkan risiko penyakit jantung. Tapi konsumsinya jangan dicampur pemanis atau gula,” ujarnya menjelaskan.

Bahkan, jika ada yang menyebutkan bahwa penderita anemia sebaiknya tidak mengonsumsi biji selasih itu juga salah besar. Penderita anemia justru baik mengonsumsi biji selasih. Kandungan mineral tinggi, khususnya zat besi dalam biji selasih justru dapat membantu pembentukan sel darah merah.

"Justru penderita anemia disarankan konsumsi selasih,” tutupnya. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu