6 Mitos dan Fakta Tentang Konsumsi Rumput Laut

Urap dari rumput laut.
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Selain biji selasih, rumput laut termasuk salah satu bahan makanan yang ditambahkan dalam pembuatan minuman es buah atau minuman manis lainnya. Banyak mitos beredar di masyarakat tentang manfaat dan bahaya dari konsumsi rumput laut.

Bersama dr. Lonah Sp.FK dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 17 Mei 2019, berikut beberapa mitos dan fakta rumput laut.

1. Mengandung logam berat

Fakta. Salah satu penelitian yang menggunakan rumput laut dari salah satu perairan Pulau Jawa menunjukkan terdapat timbal yang jumlahnya melebihi baku mutu yang ditetapkan BPOM. Dan mengonsumsi makanan mengandung logam berat meningkatkan risiko kanker.

2. Menambah energi saat puasa

Fakta. Rumput laut adalah salah satu makanan sehat yang mengandung kalori cukup rendah. 100 gram rumput laut mengandung 38 kalori. Selain dapat mengenyangkan, makanan ini juga dapat memperbaiki fungsi organ pencernaan.

"Tapi saat berbuka, selain konsumsi rumput laut juga konsumsi karbohidrat, protein, lemak sehat seperti alpukat dan salmon," kata Lonah.

3. Baik bagi penderita anemia

Mitos. Rumput laut mengandung besi, nutrisi dan mineral lain, namun tidak dianjurkan mengonsumsi rumput laut untuk mengobati anemia, karena salah satu terapi anemia adalah preparat besi yang diminum per oral.

4. Turunkan berat badan

Fakta. Rumput laut kaya kandungan serat yang baik untuk organ pencernaan, memperlancar fungsi pencernaan. Tapi diet tidak cukup hanya dengan konsumsi rumput laut. Harus dibarengi pola hidup sehat, batasi asupan kalori dan olahraga 30 sampai 45 menit setiap hari.

5. Obati pembesaran tiroid

Mitos. Salah satu bahan baku membuat hormon tiroid dalam tubuh adalah yodium yang bisa diperoleh dari rumput laut, ganggang laut dan ikan laut. Masalahnya gangguan tiroid bukan hanya hipotiroid. Masih ada penyebab lain yang tidak dapat disembuhkan dengan hanya konsumsi rumput laut.

6. Turunkan kadar kolesterol

Mitos. "Perlu penelitian jika rumput laut untuk terapi menurunkan kadar kolesterol. Belum ada bukti konkret rumput laut cukup efektif dan aman turunkan LDL maupun kadar kolesterol total,” ucap Lonah. (ldp)