Trik Cegah Berat Badan Bertambah saat Hari Raya

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sepanjang Ramadan, pola makan kita mengalami perubahan. Jika tidak diatur dengan baik, bukan tidak mungkin usai Ramadan berat badan Anda malah bertambah.

Begitu pula saat Hari Raya, biasanya banyak makanan bersantan dan berlemak yang menggoda untuk disantap. Agar makanan tersebut tidak memengaruhi berat badan, berikut ini beberapa langkah sederhana untuk membatasi kenaikan berat badan Anda dan menjaga kesehatan tubuh saat Hari Raya, seperti dikutip dari laman AsiaOne.

Sesuaikan resep Anda

Meski Anda dan keluarga mungkin menikmati resep tradisional yang sudah turun temurun, pertimbangkanlah untuk membuat sedikit penyesuaian pada bahan-bahan dengan pilihan yang lebih menyehatkan. Dengan begitu, Anda masih bisa menikmati hidangan favorit Hari Raya tanpa rasa bersalah.

Banyak hidangan Lebaran yang menggunakan santan yang tinggi lemak dan padat kalori. Gunakan santan yang lebih ringan atau ganti dengan susu rendah lemak. Pilih minyak tak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak jagung daripada minyak sawit. Sedangkan nasi putih bisa dengan mudah diganti dengan nasi merah untuk membuat makanan lebih seimbang.

Banyak hidangan penutup di hari libur yang menggunakan gula. Jadi, pertimbangkanlah menggunakan susu kedelai atau beras sebagai alternatif susu kental manis. Hidangkan sepiring buah-buahan segar daripada makanan manis. Dan, ganti minuman manis seperti soda dan sirop dengan air.

Tingkatkan level olahraga Anda

Meski lebih menggoda untuk mengunjungi rumah kerabat dan makan di masing-masing rumah, atau berdiam diri di rumah dengan keluarga, olahraga tetap tidak boleh Anda lupakan. Jika Anda akan makan sedikit lebih banyak dari biasanya, jadwalkan olahraga tambahan untuk menjaga lingkar pinggang tidak melebar. Jika malas ke pusat kebugaran, cobalah berjalan kaki dengan keluarga, berkunjung ke taman atau berolahraga di luar ruangan.

Kendalikan porsi makan Anda

Konsumsi seporsi besar sayuran dan daging tanpa lemak, serta jaga porsi nasi, daging berlemak, dan makanan manis tetap minimum. Batasi untuk mengambil sedikit makanan di setiap rumah yang Anda kunjungi, daripada mengambil sepiring makanan di setiap rumah. Cara lain adalah dengan menggunakan piring lebih kecil dan membagi makanan ke dalam porsi-porsi kecil.

Minum banyak air

Kita seringkali salah mengira kalau haus adalah lapar. Minum lebih banyak air bisa membantu membuat rasa kenyang lebih lama dan menghentikan dari makan berlebih. Hindari minuman yang tinggi gula karena bisa menambah kalori kosong. Asupan minuman yang lebih banyak juga bisa menjaga kesehatan, meningkatkan konsentrasi, dan level energi, serta mencerahkan dan membersihkan kulit.

Ingat, Hari Raya adalah momen perayaan, jadi jangan terlalu keras juga pada diri Anda. Dengan sedikit penyesuaian, Anda tetap bisa menikmati musim liburan tanpa timbangan yang bertambah.