3 Cara Ampuh Jaga Stamina Pria Selama Puasa

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA – Berpuasa di bulan Ramadan, bukan penghalang untuk seseorang tetap melakukan aktivitas normal. Kaum Adam yang punya banyak aktivitas di luar rumah, bahkan bisa tetap kuat menjalani puasa.

Bagaimana triknya? Tentu, stamina harus tetap dijaga. Untuk itu, dibutuhkan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin.

Tak hanya itu, ada banyak cara bisa dilakukan agar tubuh tetap bugar selama beraktivitas. Head of Medical and Training ZAP Clinic, dr. Dara Ayuningtyas memberikan tipsnya agar tubuh pria tetap fit selama puasa.

Olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk skip olahraga. Aktivitas fisik justru dapat membantu mengubah cadangan lemak menjadi energi, sehingga membantu mengurangi rasa lesu dan kantuk.

"Hindari olahraga dengan intensitas tinggi, pilih olahraga seperti kardio ringan atau latihan beban agar energi yang terbakar dapat langsung diganti, lakukan olahraga 30 menit atau satu jam sebelum berbuka puasa," kata Dara.

Konsumsi lemak baik

Mengonsumsi lemak bukan pantangan. Namun Anda harus pastikan lemak yang masuk ke dalam tubuh adalah lemak baik yang dapat membantu menstabilkan hormon leptin (pengendali rasa lapar). Lemak baik seperti omega 3 banyak terkandung pada minyak ikan, kacang-kacangan, atau virgin coconut oil.

Injeksi (suntik) vitamin

Injeksi vitamin merupakan perawatan yang kerap dilakukan oleh banyak pria di kota besar untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh. Perawatan seperti ini dapat menghilangkan keluhan pegal-pegal, flu atau kondisi tubuh yang kurang sehat.

Dengan menyuntikkan vitamin, tubuh cukup energi untuk menjalani ibadah puasa maksimal. Injeksi vitamin sebagai alternatif penambah stamina dan menjaga kondisi tubuh bagi pria dapat ditemui pada perawatan Infuse Booster.

"Banyak pria terlalu sibuk, mereka tidak sempat berolahraga atau lupa menjaga asupan makanan selama puasa. Perawatan ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu menjaga kondisi tubuh, terlebih durasi perawatannya juga singkat," kata Dara.

Perawatan ini dilakukan dengan memasukkan cairan yang mengandung multivitamin melalui injeksi intravena. Perawatan ini bermanfaat sebagai antioksidan dan multivitamin harian yang mudah diserap tubuh, sehingga dapat memelihara daya tahan serta meningkatkan stamina tubuh.

"Seluruh bahan Infuse Booster yang terkandung di dalamnya telah teruji aman untuk tubuh. Perawatan ini dapat dilakukan setelah berbuka puasa karena akan lebih baik jika diikuti dengan memperbanyak konsumsi air putih," katanya.

Dan sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter ahli. (rna)