Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 15:59 WIB

Bawang Putih Ampuh Cegah Penyakit Mematikan, Ini Faktanya

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay/postchiangmai0
Bawang putih.

VIVA – Bawang putih merupakan salah satu rempah wajib yang menambah kelezatan rasa masakan. Tak hanya lezat, bawang putih juga dikenal dengan khasiatnya mencegah penyakit mematikan.

Dalam 100 gram bawang putih, terkandung 31 miligram vitamin C. Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki kadar antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pemicu berbagai penyakit.

Baca Juga

"Senyawa antioksidannya dapat mencegah kanker dan turunkan kolesterol jahat. Tetapi, mengonsumsi bawang putih ini tidak bisa jadi terapi utama untuk menyembuhkan. Ia hanya bersifat sebagai obat tambahan," ujar dokter spesialis farmakologi klinis, dr. Lonah Sp. FK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 23 mei 2019.

Dokter Lonah menambahkan, manfaat baik bawang putih ini dapat diambil tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sebab, jika sudah diolah dalam bumbu masakan, kandungan baik di dalamnya bisa rusak.

Terpopuler

"Anjurannya lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah agar tidak merusak kandungan vitamin C maupun antioksidan di dalamnya. Ini bisa menjadi obat terapi bagi penderita darah tinggi, kencing manis, kolesterol tinggi, dan menambah stamina tubuh," paparnya.

Meski begitu, asupan bawang putih perlu dibatasi agar tidak berlebihan. Asupan yang terlalu banyak, bisa memicu bahaya pada tubuh bagi sebagian orang.

"Sebaiknya tidak melebihi dosis harian yaitu 4 gram per hari atau 2-3 siung per hari. Sebagian orang yang sensitif bisa alergi jika mengonsumsi berlebihan," kata dia. (nsa)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu