Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 24 Mei 2019 | 06:32 WIB

Penyakit Jantung Koroner Tak Dapat Disembuhkan, Mitos atau Fakta?

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pexels
Ilustrasi serangan jantung.

VIVA – Penyakit jantung koroner (PJK) banyak diderita orang lanjut usia namun tak menutup kemungkinan risiko terkena jantung koroner bisa saja terjadi pada anak muda usia 30an. Penyakit mematikan nomor satu di dunia ini biasa terjadi karena pola hidup yang tak sehat. 

Faktor keturunan menjadi yang paling utama menyebabkan PJK timbul di tubuh. Selain faktor keturunan, pola hidup dan seringnya konsumsi makanan tinggi kolesterol menjadi penyebab terjadinya sumbatan di pembuluh darah jantung yang menyebabkan seseorang terkena jantung koroner.

Baca Juga

"Usia lansia memang cenderung rentan terkena PJK. Tapi dengan pola hidup sekarang (yang rata-rata mengalami) stres tinggi, makanan berlimpah, pola hidup berantakan, mereka yang berusia muda semakin rentan terkena PJK," ujar spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Hengki Lasanudin SpJP., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 23 Mei 2019.

Hengki melanjutkan, PJK pada dasarnya tak memiliki gejala di awal. Saat pembuluh darah sudah sangat menyempit, oksigen ke jantung sudah sangat menurun, maka gejala mulai timbul namun sudah terlanjur parah.

Terpopuler

"Karena sering tak bergejala, penyakit ini sudah membuat pembuluh darah sangat menyempit sehingga tak dapat disembuhkan. Hanya bisa dikontrol. Artinya jika sudah PJK maka dia seumur hidup menderita itu. Faktor kontrol penting dengan menjaga pola hidup," kata dia.

Agar terhindari dari PJK, Hengki menegaskan pentingnya medical check up rutin untuk mengetahui sejak dini. Selain itu, peran gaya hidup yang dijalani sangat berpengaruh pada pencegahannya.

"Jangan stres saat kerja, boleh makanan enak tapi porsi dijaga. Terakhir, olahraga teratur agar metabolisme tubuh lebih baik terutama untuk jantung, minimal 30 menit selama 3 kali dalam seminggu," paparnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu