Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 20:27 WIB

Penderita Cacar Monyet di Singapura Diperbolehkan Pulang

Team VIVA »
Zahrotustianah
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Dok CDC Public Health
Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.

VIVA – Monkeypox atau cacar monyet masih menjadi perbincangan hangat di dunia. Pasalnya penyakit menular ini sempat menyerang beberapa warga di Singapura akibat sempat kontak dengan satu penderita asal Nigeria.

Namun kini mereka sudah tak lagi dikarantina dan diperbolehkan menjalani aktivitas seperti semula.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong kepada Menkes RI Nila Moeloek, saat melakukan pertemuan bilateral di Sidang WHA ke-72, di Jenewa. Pada kesempatan tersebut, dibahas tentang pengendalian penyakit monkeypox yang sempat menjadi bahan pembicaraan dan kecemasan di berbagai dunia. khususnya juga Indonesia.

"Kasus ini memang sudah ditangani secara maksimal. Satu penderita asal Nigeria dan 23 orang yang kontak dengan penderita sudah keluar dari sistem kekarantinaan dan sudah diperbolehkan untuk pulang melakukan aktivitas sehari-hari bersama dengan masyarakat Singapura yang lain," ujar Menkes Singapura Gan Kim Yong, dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, Kamis, 23 Mei 2019.

Terpopuler

Ia menambahkan, pemulangan mereka dari karantina dikarenakan sudah tidak ditemukan gejala dan tanda cacar monyet lagi. Hasil laboratoriumnya juga sudah membaik.
 
"Jadi di Indonesia tidak perlu heboh lagi (soal monkey pox)," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono yang turut hadir dalam pertemuan mendampingi Menkes Nila.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Waspada Cacar Monyet Menyerang, Ketahui Gejalanya
TVONE NEWS - 5 bulan lalu