Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 24 Mei 2019 | 17:01 WIB

Ternyata Ini Penyebab Anda Mudah Lelah Saat Puasa

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Adinda Permatasari
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi menunda makan atau puasa

VIVA – Kelelahan merupakan hal tidak bisa dihindari apalagi jika aktivitas sedang padat. Ditambah lagi saat berpuasa, tak ada asupan makanan dan minuman sebagai sumber energi.

Terkadang, ada beberapa orang yang memilih mengonsumsi minuman berenergi ketika sahur dengan asumsi bisa membuat lebih bertenaga saat siang. Tapi menurut dr. Yongki Warigit Dri Atmoko Sp.PD, konsumsi minuman berenergi saat sahur justru bisa membuat tubuh cepat lelah.

Baca Juga

"Karena minuman berenergi memberikan dorongan energi yang sifatnya sementara," kata Yongki dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 24 Mei 2019.

Selain itu, minuman berenergi juga mengandung kafein dan gula yang tinggi. Kafein akan mengakibatkan peningkatan hormon kortisol. Hormon ini akan membuat perasaan cemas dan rasa mudah lelah.

Terpopuler

Selain minuman berenergi, mengonsumsi gorengan saat sahur juga menyebabkan mudah lelah. Yongki menjelaskan, gorengan mengandung lemak dan tubuh membutuhkan energi yang lebih untuk mencerna lemak, sehingga dapat membuat tubuh jadi cepat lelah.

Tak hanya itu, batasi pula konsumsi makanan dan minuman manis saat sahur. Karena, konsumsi makanan manis akan membuat gula darah meningkat dan akan mengganggu produksi insulin, sehingga organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami kelelahan.

Ini menjelaskan pula kenapa penderita diabetes cepat merasakan lelah. Pada penderita diabetes, insulin yang berfungsi mengambil energi dari gula di dalam darah berkurang, sehingga tubuh kekurangan energi dan mudah lelah. Selain diabetes, penyakit lain yang memiliki gejala mudah lelah adalah gangguan tiroid, autoimun, gangguan sistem imun, dan kekurangan imun tubuh.

Kelelahan juga bisa disebabkan menurunnya metabolisme tubuh. Penyebab menurunnya metabolisme disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti diabetes, gangguan tiroid, kurang darah atau anemia. Bisa pula disebabkan pola hidup yang salah, kurang olahraga, mengonsumsi makanan yang tidak tepat seperti banyak lemak dan kurang sayur, serta waktu tidur yang kurang. (mar)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Besok Penumpang KRL Dapat Takjil Gratis!
BERITA - 2 bulan lalu