Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 26 Mei 2019 | 18:16 WIB

Antisipasi Monkeypox, Alat Deteksi Dipasang di Bandara Soetta

Team VIVA »
Rochimawati
Sherly (Tangerang)
Foto :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Suasana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

VIVA – Menteri Kesehatan Nilla Moeloek meminta adanya peningkatan koordinasi antara instansi kesehatan dan stakeholder lainnya di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, jelang persiapan arus mudik dan libur Lebaran 2019.

Hal itu dikarenakan adanya peningkatan jumlah pergerakan penumpang yang akan memanfaatkan momen libur lebaran baik tujuan domestik dan internasional. Di mana tahun ini, libur lebaran akan terjadi selama 10 hari.

Baca Juga

"Peningkatan koordinasi yang baik ini penting baik itu dengan karantina kesehatan, imigrasi atau bea cukai. Terutama, soal antisipasi dengan beberapa penyakit yang salah satunya membuat kita panik beberapa pekan ini yakni, cacar monyet atau monkeypox," kata Nilla, Minggu, 26 Mei 2019.

Adanya hal itu, Kementerian Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta telah memasang alat pendeteksi suhu tubuh khususnya, di bagian kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Terpopuler

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta, Anas Ma'ruf, menjelaskan alat yang bernama thermos scanner yang sudah ada dengan jumlah masing-masing tiga unit baik itu di Terminal 3 dan 2F.

"Pada aplikasinya, setiap penumpang yang datang ke Indonesia akan diarahkan ke area yang sudah terpasang alat tersebut kalau sudah di atas 38 derajat celcius, langsung kami periksa" ujarnya.

Pihaknya mengantisipasi sejumlah negara yang sudah terindentifikasi adanya kasus tersebut yakni, Singapura dan Afrika.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Waspada Cacar Monyet Menyerang, Ketahui Gejalanya
TVONE NEWS - 3 bulan lalu