Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 31 Mei 2019 | 10:30 WIB

Menangis Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Isra Berlian
Foto :
  • Pexels/Kat Jayne
Ilustrasi wanita.

VIVA – Menangis adalah hal yang umum bagi manusia. Menangis merupakan salah satu cara mereka menunjukkan kekesalan atau amarah, serta kecewa yang menjeratnya. Bukan hanya itu saja, menangis juga bisa mengungkapkan rasa bahagia atau syukur mereka.

Namun, ternyata menangis tidak hanya mengurangi tekanan emosional, tetapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa jenis air mata tertentu yang keluar dapat membantu menurunkan berat badan.  

Baca Juga

Menurut Dr. Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group, ada tiga jenis air mata yang dikenal sebagai basal, refleks dan psikis. Air mata basal menjaga mata lembap, sedangkan air mata refleks adalah hasil dari iritasi.

Lalu, air mata psikis adalah air mata yang kita lepaskan karena perasaan dan tekanan emosional. Air mata psikis yang keluar dari emosi, membantu mendorong penurunan berat badan, karena mengurangi kadar kortisol, hormon stres yang dikaitkan dengan lemak perut, dilansir dari The Sun, Jumat 31 Mei 2019.

Terpopuler

Penelitian ini menguatkan penelitian lama dari ahli biokimia William Frey yang melaporkan bahwa menangis dapat membantu menghilangkan zat beracun dalam tubuh yang menumpuk akibat stres.  Karena itu, tindakan menangis juga bisa menjadi detoks.

Dalam penelitian ini disarankan, agar seseorang menangis mulai jam tujuh hingga 10 malam. Hal ini, karena pada waktu itu merupakan puncak untuk mengoptimalkan efek pelepasan kortison. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bacakan Pledoi, Zumi Zola Menangis
TVONE NEWS - sekitar 1 tahun lalu