Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 31 Mei 2019 | 15:27 WIB

Bawa Dompet di Kantong Belakang Celana Sebabkan Encok

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Rintan Puspitasari
Foto :
  • Pixabay/e-gabi
Ilustrasi dompet.

VIVA – Encok adalah nyeri pada bagian bawah punggung yang bisa diakibatkan, karena duduk terlalu lama di posisi yang sama, juga kebiasaan membungkuk. Penyakit encok, umumnya dialami orang dengan usia lanjut, namun tak sedikit orang di usia produktif yang banyak mengalami encok.

Ini, karena kebiasaan duduk dalam posisi kurang tepat atau mengantungi dompet di saku belakang. Ngilu, nyeri, dan pegal adalah gejala yang umum dirasakan. Berikut ini, beberapa fakta menarik tentang encok seperti disampaikan Dr. Zicky Yombana Sp.S dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 31 Mei 2019.

Baca Juga

1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dengan posisi yang salah bisa menyebabkan kekakuan otot, sehingga timbul nyeri di pinggang bagian bawah.

Terpopuler

2. Membungkuk

Tak hanya duduk terlalu lama, posisi membungkuk untuk mengambil barang atau memindahkan barang juga bisa sebabkan encok.

"Membungkuk memiliki cara tersendiri, dengan cara yang salah dan mengangkat dengan cara salah, kemungkinan encok semakin besar,” ujar Zicky.

3. Tanda saraf kejepit

Encok merupakan sakit pinggang bagian bawah. Bukan hanya tanda saraf kejepit, mengalami encok juga bisa jadi tanda gangguan ginjal dan kaku otot.

4. Simpan dompet di saku belakang

Jika sering meletakkan dompet di kantong saku belakang celana dan hal ini dilakukan terus menerus, serta dompet tidak dikeluarkan saat duduk, lama kelamaan bisa menyebabkan pergeseran posisi tulang. Ini lambat laun akan menekan saraf dan menyebabkan encok. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 2 bulan lalu