Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 11 Juni 2019 | 11:57 WIB

5 Trik Cegah Stres di Tempat Kerja

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi wanita stres dengan pekerjaan.

VIVA – Rasa jenuh hingga depresi di tempat kerja menjadi suatu hal yang rentan terjadi, khususnya pada kaum urban. Padahal, kesehatan mental yang buruk tersebut bisa memengaruhi banyak hal secara fisik maupun hubungan sosial dengan orang lain.

Tekanan dari tempat kerja menjadi salah satu faktor pemicu risiko tinggi akan buruknya kesehatan mental seseorang. Biasanya kesehatan mental yang mulai memburuk ditandai dengan adanya perasaan sedih, lesu, tidak semangat dalam mengerjakan tugas, hingga ketakutan berlebih.

Baca Juga

Jika gejala tersebut timbul, bisa berakibat buruk bagi pekerjaan yang dikerjakan, perusahaan, hingga karyawan lainnya. Untuk mencegah adanya stres di tempat kerja, berikut hal-hal yang seharusnya difasilitasi oleh perusahaan dikutip dari laman The Health Site, Selasa 11 Juni 2019.

1. Olahraga

Terpopuler

Fasilitasi tempat untuk berolahraga ringan. Beri tempat yang aman serta nyaman untuk para karyawan bergerak saat sedang di tempat kerja.

2. Dukungan

Berikan dukungan yang memadai seperti adanya psikolog atau wadah tertentu yang memfasilitasi keluhan karyawan. Dengan begitu, karyawan akan merasa bebannya berkurang.

3. Komunikasi

Ajak karyawan untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan hasil diskusi. Hal ini membuat karyawan merasa ikut memiliki kontrol dan berpartisipasi selama proses bekerja.

4. Program pengembangan karier

Fasilitasi karyawan dengan program yang dapat mengembangkan keahliannya. Sehingga kariernya bisa semakin baik.

5. Beri apresiasi

Penghargaan atas apa yang telah dicapai oleh karyawan sangat penting diberikan. Peran ini begitu krusial dalam membantu semangat karyawan atas tugas yang diberikan padanya. (rna)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pemilu Bikin Stres?
TVONE NEWS - 3 bulan lalu