Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 12 Juni 2019 | 14:59 WIB

Bahaya di Balik Nikmatnya Makan Bakso Keseringan

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Adinda Permatasari
Foto :
  • VIVA/Lucky Aditya
Macam-macam menu Bakso

VIVA – Bakso menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Kuahnya yang gurih dan segar bisa menjadi alternatif hidangan yang cocok disantap saat musim panas atau dingin.

Namun, adakah dampaknya jika sering mengonsumsi bakso?

Baca Juga

Menurut dokter spesialis gizi klinik dr. Raissa E Djuanda, M.Gizi, SpGK, sebaiknya mengonsumsi bakso tidak lebih dari satu porsi atau satu mangkuk per hari. Batasi jumlah bakso hanya enam butir saja dengan ukuran sedang dan perbanyak tambahan sayuran.

Meski enak, konsumsi bakso yang tidak dibatasi bisa berisiko buruk bagi tubuh. Raissa menjelaskan, konsumsi bakso berlebih bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Sebab, dalam satu porsi bakso mengandung sekitar 100 miligram (mg) kolesterol.

Terpopuler

"Sedangkan menurut American Heart Association, batasan kolesterol sehari adalah 200 mg pada orang yang berisiko dan 300 mg pada orang  yang tidak berisiko," ujar Raissa dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 12 Juni 2019.

Apalagi jika bakso yang dikonsumsi juga diberi tambahan lain, seperti jeroan yang memiliki kolesterol tinggi. Selain kolesterol meningkat, Anda juga bisa berisiko mengalami obesitas jika makan bakso berlebihan.

Kalori bakso diperkirakan 370 kalori, tapi jika di dalam satu mangkuk juga ada tambahan mi, bihun, dan tahu goreng, kalorinya bisa mencapai 500 kalori. Karena itu, ketika makan bakso, bijaklah dalam memilih isiannya. Dan, dengan jumlah kalori yang sedemikian tinggi, jangan lagi beranggapan bakso sebagai panganan selingan.

"Bakso bisa menjadi sumber energi yang cukup baik karena kalorinya yang tinggi. Kalori akan dipakai sebagai energi untuk aktivitas sehari-hari," kata Raissa.

Karena itulah bakso lebih cocok dijadikan sebagai makanan utama. Meski begitu, perhatikan juga bakso yang Anda konsumsi, apakah terbuat dari bahan yang baik dan bebas bahan kimia tambahan seperti formalin atau boraks.

Bahan kimia seperti formalin atau boraks bisa meningkatkan risiko penyakit kanker jika dikonsumsi terlalu sering. Di samping itu, sering mengonsumsi bakso juga bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Di dalam kuah bakso ada kandungan natrium yang cukup tinggi, mencapai 600 mg. Padahal, dalam satu hari, kita hanya membutuhkan sekitar 1.500 mg. Jika makan dua mangkuk bakso, maka jumlah natriumnya sudah mencapai batas normal. (tsy)
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Manfaat Kesehatan di Balik Pedasnya Ayam Geprek
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu