Ekstrak Kencur Lebih Efektif Redakan Nyeri Sendi Dibanding Obat

Kencur
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kencur lazim dipakai sebagai bumbu dalam aneka masakan tradisional dan jamu. Salah satu fungsinya yang sudah terbukti yaitu sebagai zat antiradang.

Sudah banyak penelitian yang menemukan fungsi kencur, baik uji klinik maupun pre-klinik yang menunjukkan khasiatnya sebagai anti radang. Sehingga, konsumsi kencur sangat baik untuk meredakan radang tenggorokan.

"Habis minum kencur biasanya tenggorokan yang mulai berasa enggak enak, bisa membaik. Tapi ini bukan pengganti obat, hanya membantu meredakan," ujar spesialis farmakologi klinik, dr. Tulus Satriasih, Sp.FK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 13 Juni 2019.

Selain itu, kencur efektif meningkatkan nafsu makan. Sebab, aroma dan rasanya yang jika ditambahkan ke makanan, dapat membuat selera makan bertambah.

"Dipotong saja sudah terasa wanginya selain itu rasanya yang pedas dan hangat di perut membantu meningkatkan nafsu makan," ungkapnya.

Bahkan, kencur terbukti secara ilmiah redakan nyeri sendi. Penelitian tersebut menggunakan ekstrak kencur yang dikonsumsi selama beberapa hari.

"Minum ekstrak kencur sebanyak 160 miligram lebih efektif redakan nyeri sendi dibanding obat nyeri. Disarankan memang konsumsi kencur dalam bentuk ekstraknya agar dosisnya lebih tepat," papar dia. (ldp)