Akar Alang-alang, Rumput Liar Kaya Manfaat

Akar alang-alang
Sumber :
  • Youtube/Deherba

VIVA – Rimpang dan akar alang-alang kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional oleh masyarakat di Tanah Air. Tak sedikit penyakit ringan yang konon bisa disembuhkan oleh tanaman tersebut. Selain itu, akar alang-alang disebutkan mampu mengatasi masalah kesehatan seperti menurunkan panas dalam, benarkah demikian?

"Konsumsi rebusan alang-alang dapat redakan panas dalam seperti sariawan dan tenggorkan nyeri. Karena di dalamnya ada flavonoid yang secara garis besar sebagai antioksidan sehingga efeknya bisa menjadi antiinflamasi," ujar spesialis gizi klinis, dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 17 Juni 2019.

Selain itu, kadar flavanoid tersebut ternyata ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, efeknya mampu melebarkan pembuluh darah sehingga membuatnya menjadi lebih relaks.

"Ada zat kuersetin yang juga salah satu jenis flavanoid tersebut yang berperan menurunkan tekanan darah tinggi," terangnya.

Kandungan baik flavanoid juga terbukti mampu menghentikan adanya perdarahan pada tubuh. Namun, hal ini bukan berarti kondisi mimisan dapat dihentikan dengan konsumsi air rebusan akar alang-alang ini.

"Flavanoid di akar alang-alang itu bisa menghentikan perdarahan tapi mekanismenya bagaimana belum tahu. Masih memerlukan penelitian lebih lanjut," kata dia. (ldp)