Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 17 Juni 2019 | 17:17 WIB

Keputihan Dikerubungi Semut, Benarkah Tanda Gejala Diabetes?

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay/pexels
Ilustrasi wanita

VIVA – Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan. Sayangnya, banyak tanda gejala hiperglikemia yang belum dipahami oleh masyarakat.

Tanda paling sering pada hiperlikemia adalah saat urine yang dikeluarkan oleh tubuh dikerubungi oleh semut. Hal ini membuat banyak orang yang mengaitkannya dengan kondisi keputihan pada perempuan yang disebut-sebut juga akan dikerubungi semut. Benarkah demikian?

Baca Juga

"Apa yang keluar dari tubuh penderita diabetes seperti urine, memang mengandung gula sehingga ada rasa manis yang memancing semut berdatangan. Pada keputihan memang belum ada penelitiannya, tapi itu bisa saja terjadi," ujar Spesialis penyakit dalam, dr Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD,FINASIM, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 17 Juni 2019.

Adapun gejala lain yang jarang diketahui yaitu orang yang diabetes akan sangat mudah terkena flu dan batuk. Sebab, kondisi diabetes tersebut membuat tubuh kesulitan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Terpopuler

Selain itu, gejala lain yang patut diwaspadai yaitu adanya rasa kesemutan yang sering dirasakan. Biasanya, ini akan terjadi jika komplikasi penyakit sudah terjadi pada pengidap diabetes.

"60 persen keluhannya biasanya baal atau kesemutan atau kebas. Terjadi terutama di ujung jari tangan dan kaki," ungkapnya.

Maka dari itu, untuk penderita diabetes disarankan agar menjalani olahraga rutin serta pola makan seimbang. Selain itu, hindari jenis makanan berlemak serta tinggi gula untuk mencegah peningkatan kadar gula darah.

"Olahraga disarankan untuk pengidap diabetes agar dapat menurunkan gula darah. Selain itu, harus konsumsi semua sumber gizi mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan serat tapi tetap porsinya seimbang," kata dia.(nsa)

Topik Terkait
Saksikan Juga
6 Aktivitas Ini Perbesar Risiko Diabetes
LIFESTYLE - lewat 2 tahun lalu