Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 18 Juni 2019 | 06:40 WIB

Jadi Kontroversi, Yoga Melampaui Batas Agama

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Bimo Aria
Foto :
  • pixabay
Ilustrasi yoga

VIVA –  Manfaat Yoga bagi kesehatan fisik dan mental tentu sudah tidak perlu diragukan. Maka tidak heran jika kian hari makin banyak orang yang menggemarinya.

Namun, di tengah tingginya peminat yoga di seluruh dunia, ada sebuah anggapan bahwa yoga erat kaitannya dengan ritual agama Hindu. Sehingga bagi mereka yang melakukannya, terutama bagi umat Muslim, muncul kekhawatiran tersendiri.

Baca Juga

Tapi bagaimana sesungguhnya yoga itu?

"Yoga tidak berhubungan dengan agama apa pun. Yoga sendiri melampaui batas agama. Yoga lebih mengajarkan tentang arti kemanusiaan," ungkap Instruktur Yoga di Kedutaan Besar India, Jevithaa, saat ditemui media, Senin, 17 Juni 2019.

Terpopuler

Ia mengatakan bahwa di India bukan hanya orang yang beragama Hindu yang melakukan yoga. Melainkan semua orang dari berbagai latar belakang agama. Jevithaa menjelaskan, inti dari yoga sendiri lebih ditujukan pada aspek kesehatan fisik maupun mental serta spritual.

"Yoga juga mengajarkan kita untuk mencari sebuah kebenaran, suatu yang diajarkan oleh semua agama. Sehingga jika kamu adalah Muslim dan kamu melakukan yoga, maka kamu akan jadi Muslim yang lebih baik, begitupun dengan (yang beragama) Hindu," kata dia.

Ia mengungkapkan, hal yang membuat yoga dilekatkan dengan agama Hindu ialah karena Yoga berasal dari India, di mana mayoritas penduduknya beragama Hindu. Sehingga banyak masyarakat yang menggabungkan yoga dengan ritual agama Hindu.

Seperti diketahui, Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III tahun 2009 yang dilaksanakan di Padang Panjang menghasilkan fatwa seputar yoga. Pada intinya menyatakan, bahwa yoga yang berisi ritual dan spiritual agama selain Islam, hukum melaksanakannya bagi muslim adalah haram. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual, serta ritual ajaran agama lain, sebagai langkah preventif agar tidak melakukan ke perkara yang haram, maka haram dilakukan. Sedangkan yoga yang murni berupa olahraga untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).

Topik Terkait
Saksikan Juga
Umat Muslim New York Salat Jumat di Sinagoga
TVONE NEWS - 7 bulan lalu