Sederhana, 3 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Sel Kanker

ilustrasi brokoli
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kanker otak yang dikabarkan tengah diderita oleh artis Agung Hercules, tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih, usianya yang masih cukup muda serta tubuhnya yang atletis membuat penyakit kanker seharusnya rentan timbul.

Namun, penyebab penyakit kanker memang belum diketahui secara pasti. Penyakit kanker dapat mengintai siapa saja, mulai dari usia anak-anak hingga tua, baik pria maupun wanita.

Beberapa jenis makanan dengan kandungan tertentu terbukti mampu menangkal sel kanker dalam tubuh. Berikut, jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk cegah sel kanker tumbuh di tubuh, dikutip dari laman Healthline.

1. Brokoli

Kandungan sulforafen di dalam sayuran brokoli berperan sebagai anti kanker. Brokoli terbukti ampuh meminimalisir ukuran dan jumlah sel kanker payudara sebesar 75 persen. Studi lainnya turut menemukan bahwa jenis sayuran cruciferous seperti brokoli ini berkaitan erat dengan rendahnya risiko kanker kolorektal. Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam porsi piring makan untuk mencegah timbulnya sel kanker.

2. Lemak ikan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi ikan beberapa kali dalam pola makan Anda selama satu minggu dapat menurunkan risiko kanker. Terlebih, studi lain mengaitkan konsumsi ikan terhadap rendahnya risiko kanker saluran cerna.

Pada umumnya, lemak ikan dari salmon dan makarel kaya akan kandungan vitamin D dan omega 3 yang dapat menurunkan risiko kanker. Disarankan mengonsumsi lemak ikan dua kali dalam satu minggu untuk mendapakan manfaat baiknya tersebut.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang mampu membunuh sel kanker di tubuh. Konsumsi bawang putih secara rutin selama satu minggu dapat menurunkan risiko kanker lambung hingga prostat. (asp)