Banyak yang Tak Tahu, Ternyata Begini Cara Tepat Gunakan Masker Mulut

Mengenakan masker mulut.
Sumber :
  • Coconut Hong Kong

VIVA – Penggunaan masker penutup mulut atau masker mulut, menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang. Utamanya yang tinggal di kota besar, di mana polusi udara besar terjadi.

Fungsi masker mulut tak hanya terbatas pada hal tersebut, tetapi juga sebagai salah satu alat untuk mencegah penyebaran kuman saat orang bicara, batuk atau bersin. Karena, mungkin saja mereka menyebarkannya ke udara yang bisa menginfeksi orang lain.

Tetapi, sudah benarkah cara Anda menggunakan masker mulut selama ini? Dilansir dari Inside Readers, Senin 17 Juni 2019, berikut ini empat cara menggunakan masker mulut yang baik dan benar:

1. Sisi putih dan berwarna

Dua sisi pada masker memiliki fungsi untuk membedakan mana sisi yang harus digunakan. Jika bagian putih di dalam, artinya Anda sakit dan tidak ingin menyebarkan infeksi anda pada orang lain. Jika sisi putih di luar, artinya Anda melindungi diri dari serangan bakteri dan penyakit.

Sisi biru atau sisi berwarna, menjaga cairan masuk ke dalam mulut atau hidung. Di sisi lain, bagian putih menyaring, bertindak sebagai dinding mikroba saat bernapas atau pun menghembuskan napas. Berdasarkan ini, artinya sisi berwarna harusnya digunakan di luar.

2. Memasang masker

Saat menggunakan masker mulut, jangan lupa membersihkan tangan terlebih dulu dengan sanitizer atau sabun dan air. Ini untuk memastikan bahwa masker bebas dari kontaminasi.

3. Hindari penggunaan berulang

Seberapa sering mengganti masker? Sebaiknya ganti masker sesering mungkin dan jangan juga berbagi cara penggunaannya dengan orang lain.

4. Melepas masker

Tak hanya saat memasang, saat melepas masker juga jangan lupa untuk membersihkan tangan lebih dulu. Hindari menyentuh sisi depan masker. Sisi depan terkontaminasi, jadi lebih baik sentuh bagian tali masker. (asp)