Jangan Konsumsi Jus Buah Setelah Satu Jam Diblender

Jus buah/smoothie.
Sumber :
  • Pixabay/sebastiendefaveri

VIVA – Mengonsumsi jus buah bisa menjadi alternatif lain dalam menjaga kebutuhan serat pada tubuh. Namun, jus buah yang dibiarkan lebih dari satu jam atau lebih, tak lagi disarankan untuk dikonsumsi. 

Jus buah yang baik dikonsumsi yaitu yang hanya jeda satu jam usai diblender. Sebab, kandungan baik di dalamnya sudah lenyap.

"Jus buah jangan dikonsumsi lagi setelah satu jam diblender. Karena gula dari buah sudah terurai dan itu malah tidak baik untuk dikonsumsi," ujar spesialis penyakit dalam, dr.Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS dalam Peluncuran Produk Asuransi Kesehatan Sequis di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Gula yang sudah terurai tersebut, dilanjutkan dokter Prasna, berubah menjadi karbohidrat. Menurutnya, sumber karbohidrat yang dikonsumsi terlalu sering dan banyak, sehingga bisa memicu penumpukan lemak.

"Apalagi jus buah yang disimpan berjam-jam atau bahkan berhari-hari di kulkas, itu sudah tidak bagus," kata dia.

Meski begitu, ia tetap menyarankan asupan serat dari buah-buahan utuh untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dokter Prasna menekankan, jika memang tetap ingin konsumsi jus buah, harus segera dihabiskan dalam waktu satu jam.

"Kalau memang malas makan buah langsung, boleh saja dijus. Tapi ingat, harus langsung dimakan agar kandungan seratnya masih bisa diambil," paparnya.