100 Duta Sehat Siap Tuntaskan Masalah Kesehatan

Tokoh yang berkontribusi di bidang kesehatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Data Kementerian Kesehatan mencatat masih ada beberapa penyakit yang menjadi masalah kesehatan Indonesia sepanjang 2018, seperti gizi buruk, penyakit menular, dan kesehatan mental. Untuk itulah, perusahaan minyak dan gas asal Thailand bersama Dompet Dhuafa memilih 100 Duta Sehat yang siap mengabdi untuk menuntaskan masalah kesehatan tersebut.

Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise, Herdiansah menjelaskan, 100 Duta Sehat yang terpilih adalah dari kalangan mahasiswa pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, dan ilmu gizi. Mereka dipilih dari berbagai universitas, seperti Universitas Indonesia, Trisakti, IPB, UIN, dan UPN Veteran Jakarta.

"Penghargaan dan penyematan 100 Duta Sehat Indonesia ini diharapkan mampu mendorong individu dan masyarakat terus berkontribusi untuk negeri terutama di bidang kesehatan,” ujar Herdiansah saat konferensi pers di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2019.

Sebelum terpilih menjadi Duta Sehat Indonesia, kandidat wajib mengikuti serangkaian seleksi proposal, presentasi, dan penjurian yang dilakukan oleh para dokter yang berasal dari berbagai universitas. Selanjutnya, 100 Duta Sehat yang terpilih akan mendapatkan bantuan program guna mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.

Program pemilihan 100 Duta Sehat dilakukan melalui Gerai Sehat Rorotan yang didirikan PTTEP dan Dompet Dhuafa pada 2014. Program ini juga sekaligus sebagai puncak peringatan ulang tahun keempat fasilitas kesehatan untuk masyarakat tersebut.

Selain memilih 100 Duta Sehat, Gerai Sehat Rorotan PTTEP-Dompet Dhuafa juga memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional, aktivis, dan figur publik yang berkontribusi di bidang kesehatan. Proses seleksi dan penilaian dilakukan bersama oleh Gerai Sehat Rorotan PTTEP-Dompet Dhuafa dan Forum lkatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia (FIAKSI).

Terdapat tiga kategori dalam penghargaan ini. Pertama, Kategori Pemimpin Publik Berdedikasi dalam mendukung kebijakan kesehatan masyarakat dengan pemenang terpilih Prof. dr Ali Ghufron Mukti M.Sc., Ph.D. (Wakil Menteri Kesehatan 2011-2014 dan Rektor Universitas Trisakti), Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto (Wali Kota Makassar periode 2014-2019), dan dr. Hj. Faida, MMR (Bupati Jember periode 2016-2021).

Kedua, kategori Aktivis Kesehatan Inspiratif terpilih, yaitu dr. Gamal Albinsaid (dokter, wirausahawan sosial, CEO Indonesia Medika), Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K) (Pakar Penyakit Nutrisi Metabolik Anak) dan Prof. dr. Sri Suparyati,Sp.A.(K),Ph.D. (Peneliti Ahli Penyakit Diare pada Anak). Sementara itu, untuk kategori Artis/Tokoh Publik yang Berkomitmen dalam Menjaga dan Mengedukasi Pola Hidup Sehat terpilih dr. Lula Kamal, dan Titiek Puspa.