4 Jenis Buah yang Perlu Dihindari Pengidap Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Buah-buahan memiliki segudang manfaat yang berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, beberapa jenis buah ternyata perlu dihindari untuk kondisi tertentu, seperti pada pengidap diabetes.

Dikutip dari laman The Health Site, Senin 1 Juli 2019, diabetes merupakan kondisi medis di mana tubuh tak lagi mampu secara efektif menggunakan glukosa yang menjadi sumber energi, karena hormon tubuh tidak mampu menyerapnya dengan baik. Asupan makanan manis dengan kandungan gula tinggi cenderung memicu kenaikan gula darah yang berbahaya bagi pengidapnya karena tak lagi mampu terserap sebagai energi.

Sebagian besar jenis buah memiliki rasa yang manis karena kandungan gula di dalamnya. Buah dengan kandungan gula tinggi inilah yang sebaiknya dihindari oleh para pengidap diabetes karena dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Berikut beberapa jenis buah yang perlu dihindari bagi pengidap diabetes.

Anggur

Anggur sangat kaya dengan kandungan karbohidratnya. Tubuh akan memecah kandungan tersebut menjadi gula, lemak, dan serat. Terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Dalam satu buah anggur kecil saja, setara dengan 1 gram karbohidrat.

Ceri

Sama dengan anggur, buah ceri biasanya dikonsumsi karena sangat mudah dikonsumsi dan manis. Hal ini membuat kita seringkali tak berhenti saat mengonsumsi ceri, sehingga bisa membuat asupannya berlebihan. Dalam satu buah ceri ukuran kecil, setara dengan 1 gram karbohidrat yang jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu gula darah meningkat.

Nanas

Kadar karbohidrat dan gula yang masuk ke tubuh tergantung dari besarnya potongan nanas yang dikonsumsi. Potongan nanas yang tebal memicu kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Sebisa mungkin, hanya konsumsi setengah gelas sajian nanas untuk mencegah kadar gula darah meningkat.

Mangga

Rasanya yang manis selalu membuat mangga menjadi buah primadona. Sayangnya, dalam satu buah mangga ukuran sedang mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Cukup konsumsi setengah buah mangga bagi para pengidap diabetes.(nsa)